Home / Pendidikan / Bangun 10 Hektar Hutan Serbaguna, UBD Gandeng KLHK dan Pemda OI

Bangun 10 Hektar Hutan Serbaguna, UBD Gandeng KLHK dan Pemda OI

KERJASAMA: Rektor Universitas Bina Darma Palembang Prof Ir H Buchari Rachman MSc saat melakukan kerjasama bersama Kementrian Lingkungan Hidup dan Bupati Ogan Ilir, Jumat (30/11).

Palembang, BP– Tak hanya bergerak di bidang pendidikan, Universitas Bina Darma (UBD) tampaknya terus melebarkan sayapnya. Selain mewacanakan akan membangun Rumah Sakit, UBD akan membangun 10 Hektar Hutan Serbaguna dalam rangka mendukung pemerintah melalui penghijauan dan wisata perkebunan buah jelang Asian Games 2018.
Berangkat dari hal tersebut, UBD menggandeng Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  dalam hal ini Dirjen Pengendalian DAS dan hutan lindung KLHK dan juga Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI).
Hutan serbaguna sekaligus hutan wisata yang dibangun diatas tanah eks Agro Wisata di kawasan Ogan Ilir (OI) tersebut nantinya akan mengundang para wisatawan domestik maupun luar negeri bahwa betapa indahnya keindahan wisata di Sumatera Selatan apalagi menjelang pesta olahraga bangsa-bangsa Asia tersebut.
Demikian terungkap dalam penandatangan nota kesepemahaman antara Rektor UBD Prof Dr Ir Buchari Rachman MSc bersama Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung KLHK, Hilman Nugroho dan Bupati Ogan Ilir Ilyas Pandji Alam sekaligus penanaman pohon secara simbolis di kawasan kampus UBD, Kamis (30/11)
Hilman mengatakan dalam MoU ini pihaknya mengajak Universitas Bina Darma dan Pemkab Ogan Ilir untuk membuat hutan serbaguna.
“MoU ini kita lakukan agar semakin banyak hutan serbaguna atau hutan buah di Indonesia,” ujarnya.
Ia mengatakan hutan serbaguna ini nantinya bisa dinikmati dan juga jadi ajang potensi wisata bagi daerah.
“Hutan serbaguna atau hutan buah  ini diisi dengan berbagai macam tanaman buah-buahan yang nanti bisa berguna beberapa tahun kemudian. Jadi menanam sambil bisa menikmati hasilnya,” tegas dia.
Lanjutnya, pada perhelatan Asian Gamesnya nantinya pun para atlit akan diwajibkan untuk menanam pohon dan disediakan ditempat khusus.
Ditambahkan Rektor Universitas Bina Darma, Buchori Rachman mengatakan hutan serba guna ini ditanam di tanah seluas 10 hektar milik kampus Bidar.
“Ya, lahannya milik kita yang terletak di Kabupaten OI. Kita tanam ini guna menciptakan lingkungan dan menjaga hutan,” jelasnya.
Ia mengatakan hutan serbaguna atau hutan buah ini pun akan dijadikan agro wisata untuk masyarakat sekitar. “Jadi nanti akan dijadikan destinasi wisata di OI. Tapi sekarang masih dalam tahap penanaman bibit pohon dan membuat taman dan fasilitas lainnya,” ujar Buchari.
Kedepan masyarakat akan dimanjakan dengan wisata buah di Hutan Serbaguna yang dilengkapi dengan Jogging Track dan juga buah-buahan yang siap petik dari pohonnya. #sug
Baca:  Bakal Hadir Hutan Serbaguna Binadarma di Ogan Ilir
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Disdik Ajak FKIP UBD Gelar PPL ke Luar Negeri

Palembang, BP Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Sumsel mengajak program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa Fakultas Keguruan ...