Home / Olahraga / Fachriansyah, Dari Perenang Sejati Hingga Ingin Jadi Dosen

Fachriansyah, Dari Perenang Sejati Hingga Ingin Jadi Dosen Peraih Lima Medali di Porprov XI

(Fachriansyah Jabat Ranius saat mengikuti upacara pengalungan medali pada multievent Porprov XI di Venue Aquatik, JSC)

Kini, namanya terus disebut-sebut di panggung olahraga. Namun siapa sangka, perenang sejati ini menggantungkan cita-citanya sebagai dosen. 
Publik olahraga Sumatera Selatan belakangan ini dikejutkan oleh Fachriansyah, perenang pendatang baru asal Bumi Sriwijaya yang prestasinya melesat pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI yang baru usai pekan lalu.
Pasalnya, pemilik nama lengkap Fachriansyah Jabat Ranius ini merebut lima keping medali pada pagelaran olahraga provinsi dua tahunan yang mendatangkan atlet-atlet top di 17 kabupaten/kota di Sumsel ini.
Kini, namanya terus disebut-sebut di panggung olahraga. Namun siapa sangka, perenang sejati ini menggantungkan cita-citanya sebagai dosen.
“Kalau cita-cita sih, pengen jadi dosen dan perenang sejati,” tutur Fachriansyah saat dibincangi BeritaPagi, Rabu (29/11).
Lanjut perenang besutan Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) ini menambahkan bahwa masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dilalui untuk mengapai mimpi dan cita-citanya itu. Pasalnya, kemenangan Porprov adalah awal perjuangan untuk menempuh multievent yang lebih bergengsi lagi di panggung olahraga baik nasional maupun Internasional.
“Ucap syukur, kemarin bisa mempersembahkan yang terbaik. Bisa mempersembahkan tiga medali emas dan dua medali perak,” ujarnya.
Putra kedua dari empat bersaudara pasangan A Yani Ranius dan Siti Aminah mengawali debutnya di dunia renang memang sejak bangku Sekolah Dasar (SD) kelas VI. Namun ketika hanya sebatas hobby. Ternyata, pelan tapi pasti hobinya itu mengantarkan ia menjadi the winner pada pesta olahraga provinsi sekaligus memperkuat Palembang mempertahankan tahta juara umum. 
 
“Ingin sekali turun di PON bisa meraih emas. Kalau sudah meraih emas di PON, bisa jadi masuk rekomendasi ke Pelatnas dan bisa memperkuat Indonesia di SEA Games. Tapi butuh perjuangan yang keras,”harapnya.
Senada dengan itu dikatakan A Yani Ranius selaku orang tuanya bahwa menurutnya ia melihat potensi renang tumbuh memang sejak SD. Oleh karena itu, pihaknya kemudian merekomendasikan putranya untuk menempuh pendidikan di SONS.
“Tentu atas prestasi Fachriansyah, sebagai orang tua saya sangat bangga. Saya hanya berpesan jangan berpuas diri atas capaian prestasi saat ini. Terus berlatih dengan giat untuk mencapai cita-cita,”tuturnya.
Menurutnya, ia pun tak mengekang apa yang menjadi mimpi dan cita-citanya yang kelak akan menjadi perenang sejati dan menjadi seorang dosen.
Sementara itu itu dikatakan Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumsel Drs Widodo MPd bahwa Fachriansyah adalah salah aset perenang Sumsel yang sangat potensial. Dirinya berharap, Fachriansyah bisa terus mengasah kemampuannya dengan latihan rutin.
“Apalagi ingin tampil di PON, syaratnya harus lolos Kejurnas praPON. Dan harus bersaing dengan perenang Pulau Jawa nanti,”jelas Widodo.
Kendati demikian, dengan fasilitas venue bertaraf Internasional yang dimiliki Sumsel,  Widodo berpesan agar tetap percaya diri dan terus mengasah strategi dan jam terbang. “Karena jelang PON di Papua 2020, masih ada Porprov XII di Prabumulih,”pungkasnya. Osugiarto
Catatan Prestasi Fachriansyah Jabat Ranius di Porprov XI Palembang: 
1. Medali emas 100 M gaya dada
2. Medali emas 200 M gaya dada
3. Medali emas 400 M estafet gaya ganti
4. Medali perak 50 M gaya dada
5. Medali perak 200 M gaya ganti. 
Baca:  34 Skuat Incar 30 Emas APG di Negeri Jiran Malaysia
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Melihat Aksi Pendekar Wushu di Lapangan Futsal

Palembang, BP Pembukaan Kejuaraan futsal biasanya identik dengan free style atau aksi para dancer. Namun, tidak pada aksi pembukaan Kejuaraan ...