Home / Headline / Balar Palembang Ekspose Hasil Penelitian Di Sumsel, Jambi Dan Belitung

Balar Palembang Ekspose Hasil Penelitian Di Sumsel, Jambi Dan Belitung

BP/IST
Temu Ilmiah Arkeologi (TIA) digelar, Balai Arkeologi (Balar) Palembang untuk yang kedua kalinya, di Jalan Kancil Putih Lr Rusa, Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (29/11).

Palembang, BP

Temu Ilmiah Arkeologi (TIA) digelar, Balai Arkeologi (Balar) Palembang untuk yang kedua kalinya, di Jalan Kancil Putih Lr Rusa, Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (29/11).
Kegiatan TIA II berlangsung dua hari dari (29-30/11) dan diadakan setahuan dua kali, sebagai koreksi dan pembenaran dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
Pada diskusi sesi pertama membahas sebagain hasil-hasil penelitian dari arkeolog Sumatera Selatan, seperti penelitian permukiman tepian Sungai Musi pada masa Hindu Budha di desa Bingin Jungut,Kabupaten Musi Rawas yang disampaikan Sondang Martini Siregar.
Lalu penelitian persebaran situs arkeologi di Sub DAS Komering tahap I oleh Dewi Patriani, permukiman Menapo Ujungtanjung, situs Muarojambi, Provinsi Jambi oleh Retno Purwanti, survei arkeologi Islam di Belitung, oleh Wahyu Andhifani, dan masih banyak lagi.
Kegiatan ini dipandu oleh moderator Nur Huda dan sebagai narasumber Fajar ibnu Tufeil.
Retno menyampaikan, untuk penelitian situs Muarojambi bahwa mereka menemukan pemukiman di seputar Candi Kedaton, di sebelah timur di sebelah barat, yang sejajar dengan halaman ke tujuh dan halaman ke 14 halaman Candi Kedatonnya, jadi yang menjadi pusatnya Candi Kedaton.
Selain itu ada arkeolog yang meneliti tentang survei teras sungai dan temuan arkeologi di DAS Kikim Lahat Sumatera Selatan (tahap II) oleh Sigit Eko Prasetyo,
Lalu penelitian Bendungan Watervang: Identifikasi jenis dan fungsi serta pengaruhnya terhadap kota Lubuklinggau oleh Titet Fauzi Rachmawan, Hubungan situs permukiman dan pertambangan oleh Muhammad Nofri Fahrozi, penelitian arkeologi maritim di Belitung oleh Aryandini Novita yang mengungkap keberadaan pelabuhan kuno di pantai timur Sumatera Selatan oleh Budi Wiyana. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

20 Orang Lolos Test CAT Dan Psikologi

Palembang, BP Tim seleksi (Timsel) anggota Bawaslu provinsi Sumsel penambahan yang terdiri dari Ketua , Prof Dr Kasinyo Harto, , ...