Home / Pemerintahan / MPR Cari Format Baru Sosialisasikan Empat Pilar

MPR Cari Format Baru Sosialisasikan Empat Pilar

Kepala Biro Pemberitaan MPR Siti Fauziah (pegang pelantang) bersama Kabag Pemberitaan M Jaya dan Kasubag Pemberitaan Budi Muliawan

Lembang, BP–Berbagai cara dilakukan MPR RI untuk memasyarakatkan Empat Pilar (Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika). Selain menggelar sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat dan berbagai daerah, pihak MPR juga mencari terobosan baru agar publik lebih mudah memahami makna dari  Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Media merupakan  instrumen paling penting menyampaikan informasi kepada masyarakat, sehingga kami membutuhkan masukan dari media bagaimana cara maupun format penyajian  agar Empat Pilar akrab di telinga masyarakat,” ujar Kepala Biro Pemberitaan Siti Fauziah kepada sejumlah wartawan pada acara Media Expert Meeting di Lembang, Jumat (24/11).

Baca:  MPR Gelar Simposium Nasional Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Menurut Siti, gencarnya sosialisasi  Empat Pilar dilakukan telah membuktikan Pancasila, UUD45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI semakin dekat dengan masyarakat. Dan MPR terus mencari formula baru  menyampaikan sosialisasi Empat Pilar. Misalkan menyajikan dengan  enimasi, sosmed maupun melibatkan artis.

Kabag Pemberitaan M Jaya menambahkan pelaksanaan sosialisasi empat pilar tidak akan menggema ke masyarakat jika tidak didukung media massa. Apalagi di jaman sekarang, era keterbukaan, hanya hitungan menit informasi langsung kepada masayrakat. “Itu sebab perlunya kerjasama dengan media untuk menginformasikan  Empat Pilar di masyarakat,” tutur Jaya.

Baca:  Indonesia Bersyukur Punya Pancasila

 Kasubag Pemberitaan Budi Muliawan di awal acara mengatakan, sekitar 25 media yang tergabung dalam Media Expert Meeting telah menunjukan kesungguhan menginformasikan seputar kegiatan sosialisasi Empat Pilar.  Untuk meningkatkan kualitas informasi dan pemberitaan diperlukan masukan dan saran dari media. “Kita berharap informasi yang gencar dilakukan media massa  tentang sosialisasi Empat Pilar.  Pancasila, UUD45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi konsensus berbangsa dan bernegara dapat diimplementasikan seluruh lapisan masyarakat,” kata Wawan.

Baca:  Ma’ruf Cahyono: MPR Gelar Tiga Agenda Besar Pada Agustus 2017

Dalam pertemuan tersebut, peserta juga berharap agar penyelenggaraan sosialisasi Empat Pilar disertai dengan tindakan nyata di lapangan. Sehingga, masyarakat dengan mudah  memahami apa tujuan dan makna dari  Pancasila, UUD45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. # duk

x

Jangan Lewatkan

Asmawati, Bangun Generasi Muda Berkarakter Lewat Film Edukasi

Palembang, BP–Tak bisa dipungkiri, tantangan para mahasiswa saat ini bukan hanya soal lapangan kerja di era Ekonomi ASEAN tapi juga ...