Home / Olahraga / Catur, Palembang Puas di Klasemen Ketiga

Catur, Palembang Puas di Klasemen Ketiga Muba Sabat Juara Umum

Laga final perorangan putra cabang olahraga catur antara pecatur Palembang dan Muba sat bertanding di Gedung SOKCN Palembang, Jumat (24/11).

Palembang, BP– Di saat gemilang medali bertaburan dan berhasil diumpulkan oleh kontingen Bumi Sriwijaya di berbagai cabang olahraga pada laga bergengsi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI, 18-26 November 2017 namun Palembang dipaksa legowo di cabang olahraga catur.

Pasalnya, pada laga penutup catur standar nomor perorangan putra, pecatur Muba berhasil melenggang mengalahkan pecatur Bumi Sriwijaya di partai final. Atas hal tersebut, Palembang pun jauh tertinggal di klasemen rekap medali.

Baca:  128 Pebiliar Nasional Incar Piala POBSI Sumsel Cup II 2017

Bermain di Gedung Sekolah Olahraga Khusus Catur Negeri (SOKCN) Sumsel, Muba berhasil mengoleksi delapan keping emas, disusul Banyuasin dengan tiga emas dan Palembang satu emas.

“Ya, terkahir adalah partai final catur standar perorangan putra. Cukup kompetitif saat bermain, akan tetapi setelah beberapa jam hingga petang, Muba keluar senagai pemenang,” ujar Technical Delegate Porprov Cabor Catur, Mursili Tjik Aman, SSos disela-sela pematauan kompetisi, Jumat (24/11).

Lanjut pria yang juga Sekretaris Umum Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel ini bahwa memang kekuatan pecatur Sumsel saat ini sangat kompetitif. Muba berhasil juara umum karena memang diakui sejak dulu para pecatur Muba tumbuh meskipun berbagai kabupaten/kota juga banyak kader pecaturnya.

Baca:  Tumbangkan Pali, Si Gentar Alam Semakin Trengginas

“Meskipun hanya meraih satu emas, tapi Palembang banyak meraih perak seperti dipersembahkan Yuni. Yang mengagetkan Banyuasin yang berada diposisi kedua,”jelas Mursili.

Namun demikian lanjut Mursili, semua adalah atlet Sumsel dan Porprov adalah ajang pembinaan yang muaranya adalah prestasi Kejurnas dan PON. Sehingga jika di Porprov XI yang merupakan ajang pembinaan maka di Porprov XI 2019 yang akan datang bisa lebih kompetitif lagi.

Baca:  Randori Putra, Palembang Utus Enam Wakil di Final

Apalagi, dari tiga kelas nomor yakni catur cepat, kilat dan standar kemudian dengan turunan dinomor putra dan putri serta perorangan dan beregu semua berjumlah 12 nomor yang masing-masing memiliki spesialis nomor.

“Artinya, kita pemetaan kekuatab catur di Sumsel kita sudah mulai terlihat siapa spesialisnya. Tak cukup di Porprov saja, nanti terus kita uji di Porprov 2019 dan belum tentu yang meraih emas sekarang bisa lolos PON karena untuk turun di PON Papua 2020 nanti harus lolos di Kejurnas praPON yang akan dilaksanakan 2019 nanti,”pungkasnya. #sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Inkado Sumsel Borong 20 Emas di Kejurnas IYOS Lampung

Palembang, BP Torehan luar biasa dipersembahkan oleh tim karateka Inkado Sumsel yang berhasil memboyong 20 medali emas dan 4 medali ...