Home / Headline / Buron 3 Tahun, Begal Ditembak Polisi

Buron 3 Tahun, Begal Ditembak Polisi

Saju Prakti digendong Gusti Randa.

Palembang, BP–Petualangan Saju Prakti (19), tersangka kasus begal yang telah buron selama tiga tahun berakhir saat diringkus Subdit III/Jatanras Polda Sumsel, Kamis (23/11) malam.

Jejak Saju bersama rekannya Gusti Randa (20) diketahui dari pengembangan penyidikan tiga tersangka lainnya yang terlebih dahulu ditangkap, yakni Febriansyah, Gilang Purnama, dan Ade Saputra. Tersangka Saju ditembak dua kali oleh anggota polisi karena melawan dengan menghunuskan pisau saat hendak diringkus.

Aksi komplotan Saju Cs terkenal sadis karena mereka tak segan melukai korbannya saat beraksi. Bahkan kawanan Saju berani menembak polisi saat hendak diringkus pada kasus pembegalan di kawasan Dekranasda, Jakabaring, pada Juli 2017 lalu.

Baca:  Baku Tembak Dengan Polisi, Begal Tewas

Diketahui, lima kasus pembegalan serta penjambretan telah dilakukan oleh ABG ini.

“Seringnya di Jakabaring, terus pernah di Plaju juga. Saya juga pernah menjambret di kawasan Kambang Iwak,” ujarnya saat gelar perkara, Jumat (24/11).

Residivis kasus curas yang bebas pada 2014 ini pun menjadi tersangka penganiayaan menggunakan senjata tajam beberapa waktu lalu di kawasan Seberang Ulu I.

Baca:  Mobil Pedagang Dihujani Tembakan

“Rombongan saya ada enam, satu lagi Nopran tidak tahu dimana,” ujar warga Jalan Terusan I, Kelurahan 5 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang ini.

Sementara tersangka Gusti mengaku hanya ikut-ikutan saja. “Saya ikut membegal dua kali, di Jakabaring. Saya hanya ikut saja yang punya ide itu Saju,” ujar warga Jalan Majapahit RT,  Kelurahan Tuan kentang, Kecamatan SU I, Palembang ini.

Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Erlin Tangjaya berujar, pihaknya melakukan penangkapan terhadap tersangka setelah melakukan pengembangan penyelidikan terhadap tersangka yang telah ditangkap.

Baca:  Melawan, Begal Motor Didor

“Setelah mendapat informasi, Unit 3 Subdit III melakukan penyelidikan keberadaan tersangka. Lalu setelah  diketahui lokasinya dan hendak diringkus,  tersangka berupaya melakukan perlawanan dengan mengayunkan sajam sehingga anggota terpaksa  melumpuhkan tersangka dengan tembakan,” ujarnya.

Setelah berhasil menangkap Saju, Saju pun berkicau dengan menunjukkan rumah tersangka Gusti Randa. Gusti pun turut diringkus tanpa melakukan perlawanan.

“Kedua tersangka diancam dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman tujuh tahun penjara,” ujarnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

20 Orang Lolos Test CAT Dan Psikologi

Palembang, BP Tim seleksi (Timsel) anggota Bawaslu provinsi Sumsel penambahan yang terdiri dari Ketua , Prof Dr Kasinyo Harto, , ...