Home / Olahraga / Senam Berakhir, Palembang Bertengger di Tahta Juara Umum

Senam Berakhir, Palembang Bertengger di Tahta Juara Umum

SENAM: Pesenam Palembang saat mengikuti Upacara Pengalungan Medali di ajang Porprov XI di GOR Dempo, Selasa (21/11).

Palembang, BP– Setelah menjalani serangkaian kompetisi di semua nomor pertandingan, akhirnya laga multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI cabang olahraga senam berhasil disabet oleh Kontingen Bumi Sriwijaya sebagai tahta teratas juara umum musim ini.
Palembang berhasil bertengger memimpin klasmen dengan mengumpulkan 5 keping emas, 7 perak dan 1 perunggu. Tiga keping emas dipersembahkan dihari pertama sementara dua medali emas tambahan bagi Palembang sendiri disumbangkan oleh M Ribta di nomor palang tunggal dan Mutia Safitri di nomor perorangan alat simpai.
Sedangkan Lubuk Linggau yang mampu merebut 3 medali emas di hari kedua, namun hanya mampu menyamai perolehan medali emas milik Palembang dan harus puas di posisi runner up. Sedangkan di peringkat ketiga ditempati OKU Timur yang mampu meraih 4 medali emas.
Ketua Umum KONI Palembang, Ir Suparman Romans mengaku sangat bangga kepada para atlet yang telah mempersembahkan yang terbaik untuk Kota Palembang. Pasalnya, perjuangannya selama ini mampu menghasilkan apa yang menjadi target Palembang.
“Apresiasi yang sebesar-besarnya bagi atlet Palembang yang mampu mempersembahkan lima medali emas dan menjadi juara umum. Sebuah capaian yang luar biasa,”ujarnya Suparman Romans, Selasa (21/11).
Lanjutnya, bahwa senam merupakan cabor pertama yang berhasil menutup kompetisi dengan hasil yang apik. Dirinya berharap semua cabanh olahraga yang lain yang saat ini masih berjuang bisa mempersembahkan capaian sesuai target.
“Perjalanan kompetisi masih panjang, sementara kita memang masih memimpin klasmen baik senam sendiri maupun secara umum. Kita harapkan cabor lain bisa mencapai target sebagaimana apa yang kita petakan kekuatan sebelumnya,”harapnya.
Sementara itu, Ketua pelaksana cabor senam, Adi Wahyuono mengatakan bahwa persaingan para atlet di Sumsel saat ini semakin merata. Berdasarkan catatan, dari 9 daerah yang mengikuti perlombaan, hanya 3 daerah yakni Musi Banyuasin, Pagar Alam dan Prabumulih yang gagal meraih medali emas.
“Klasemen akhir medali cabor senam juga sangat ketat dan lebih merata bila dibandingkan Porprov sebelumnya. Ada daerah yang sebelumnya tidak pernah mendapat emas kini mulai menunjukkan hasil pembinaan yang sudah dilakukan selama ini,” jelasnya.
Pihaknya pun bersyukur karena proses pembinaan cabor senam di Sumsel juga sangat mendapat support penuh dari Pemprov Sumsel melalui Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS).
“Sejak awal berdiri, setiap tahun ada atlet kita yang berlatih disana. Saat ini, setidaknya ada 12 atlet yang berasal dari kabupaten-kota di Sumsel yang dititipkan disana. Harus diakui, peralatan di daerah tidak selengkap dengan yang ada di Palembang,” ungkapnya.
Kedepan, pihaknya pun menyatakan akan fokus meloloskan  sebanyak mungkin atlet untuk lolos ke PON XX 2020 di Papua.
 “Target kita jelas memperbaiki prestasi Sumsel di ajang PON, terakhir di Jabar kemarin kita hanya mampu meraih 1 medali perak, sedangkan sebelumnya bisa mendapat 1 perak dan 1 perunggu di Riau. Secara umum atlet kita mampu bersaing dan tinggal perlu memperbanyak jam terbang di level nasional maupun internasional,” pungkasnya. #sug
Hasil Porprov XI 2017 cabang olahraga Senam. 
 
1 PALEMBANG, 5, 7, 1 (13)
2 LUBUK LINGGAU 5, 0, 2 (7)
3 OKU TIMUR 4, 2, 3 (9)
4 BANYUASIN 3, 4, 3 (10)
5 OKU 2, 2, 3 (7)
6 MUSI RAWAS 1, 1, 0 (2)
7 MUSI BANYUASIN 0, 3, 5 (8)
8 PAGAR ALAM 0, 1, 2 (3)
9 PRABUMULIH 0, 0, 1 (1)
TOTAL 20, 20, 20
Baca:  Nasrun Umar Sebut Jaga Atlet Seperti Jaga Bayi
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Melihat Aksi Pendekar Wushu di Lapangan Futsal

Palembang, BP Pembukaan Kejuaraan futsal biasanya identik dengan free style atau aksi para dancer. Namun, tidak pada aksi pembukaan Kejuaraan ...