Home / Headline / Bos Kayu Terlibat Pembalakan Liar

Bos Kayu Terlibat Pembalakan Liar

Tersangka Rafik menjalani pemeriksaan di Kantor Kejati Sumsel.

Palembang, BP–Setelah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat pembalakan liar dan perusakan hutan, Kejaksaan Tinggi Sumsel langsung menahan Rafik, pemilik perusahaan pemotongan kayu.

Atas perbuatan tersebut Rafik dijerat Pasal 87 ayat 1 atau ayat 4 Jo Pasal 12 huruf k, I dan m Undang-undang Nomor 18/2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp15 miliar.

Baca:  2 Tahun Buron, 'Kucing Garong' Diciduk Saat Pulang ke Rumah

“Saat ini penuntut umum sedang melakukan penyidikan untuk melengkapi berkas perkara dan yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka serta langsung ditahan,” ujar Asisten Pidana Umum Kejati Sumsel Reda Mantovani, Selasa (21/11).

Ia menjelaskan, perkara ini berawal saat petugas dari Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendapat informasi adanya kayu keluar dari kawasan Hutan Lalan melalui Sungai Merang, Kabupaten Banyuasin, pada 8 Maret lalu.

Baca:  Sedot Minyak Pertamina Dengan Mesin Motor

Atas informasi tersebut, tiga polisi kehutanan mengecek ke lokasi dan menelusuri arah kayu tersebut dan diketahui diantarkan ke sawmil (tempat pemotongan) milik perusahaan UD Ratu Cantik.

“Selanjutnya pada 26 Maret petugas menemukan truk yang membawa kayu di Jalan By Pass Palembang. Saat dicek, dokumen kayu yang dibawa sopir diduga tidak sesuai dengan asal-usul kayu yang diangkut, sehingga dianggap melanggar,” katanya.

Baca:  Tiga Kali Masuk Penjara, Pencuri Tak Jera Juga

Selanjutnya, Kejaksaan Tinggi Sumsel bersama Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPLHK) Sumsel melakukan penyidikan dan menetapkan pemilik UD Ratu Cantik sebagai tersangka.

“Ini merupakan penyidikan partnership antara Kejati dengan PPNS BPPLHK Sumsel. Selanjutnya tersangka sudah kita tahan selama 20 hari ke depan,” jelasnya. # ris

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Di Acara HUT Sumsel, Mendagri Ingatkan Bahaya Radikalisme

Palembang, BP–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai radikalisme menjadi masalah utama dalam pembangunan daerah disusul permasalahan narkoba, korupsi, dan ...