Home / Bisnis / Pertamina EP : Produksi Sumsel Sumbang 20 Persen Nasional

Pertamina EP : Produksi Sumsel Sumbang 20 Persen Nasional

Public Relation Manager Pertamina EP Muhammad Baron

Palembang, BP

PT Pertamina EP yang meliputi dua wilayah kerja di Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat produksi minyak dan gas saat ini menyumbang sekitar 20 persen secara nasional.

Public Relation Manager Pertamina EP Muhammad Baron mengatakan saat ini produksi masih berada di bawah level tertinggi. Biasanya produksi tertinggi terjadi ketika ada eksplorasi baru.

Produksi wilayah Sumsel terhadap nasional di Pertamina EP kini mencapai 21.000 barrel oil per day (BPOD) untuk minyak, sedangkan gas dikisaran 400 juta kaki kubik gas per hari.

Baron memberi gambaran, PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba di Kelurahan Mangunjaya, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pihaknya mencatat produksi mencapai 4.000 BPOD.

Kondisi ini berada pada level yang cukup rendah karena belum ada potensi energi baru. “Pertamina EP pada kawasan ini, pernah menacapai 7.000 BPOD namun itu saat ada eksplorasi baru, secara alami produksi ini terus menurun, akan bertambah jika ada sumber energi baru,” katanya, di Novotel Hotel, Senin (20/11).

Dikatakan, untuk mempertahankan kuantiti produksi yang ada, pihaknya kini memaksimalkan potensi sumur yang ada, termasuk melakukan penutupan 17 sumur minyak ilegal yang beroperasi diwilayah kerja pertambangan PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba.

Selain itu, dilakukan juga upaya membuka sumur lama yang masih berpotensi sambil mencari potensi baru. “Perlu diketahui masyarakat jika menggali sumber minyak dari sumur tua tidak dibenarkan dan ada implikasi hukumnya, apalagi jika sampai membuka sumur baru,” katanya.

Upaya ini juga dilakukan untuk mendorong peningkatan produksi minyak negara, sekaligus mempertahnkan jumlah produksi yang ada saat ini. #ren

x

Jangan Lewatkan

Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin: Pabrik Pengolahan Gasifikasi Batubara Beroperasi 2022

Jakarta, BP–Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama  PT Pertamina (Persero) Elia massa Manik, Direktur Utama PT ...