Home / Palembang / Pelayanan Mesti Berbasis IT

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan investasi yang dilakukan hingga menjadikan kota ini lebih maju.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang inilah yang mendasari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memberikan Penghargaan Pelayanan Terpadu Berbasis IT kategori kabupaten / kota terbaik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin kepada Walikota Palembang yang diwakili oleh Asisten II Setda Kota Palembang Dharma Budi pada acara launching Program Sumsel Smart and Care di Griya Agung, Senin (20/11).

Asisten II Setda Kota Palembang, Dharma Budi mengatakan, perizinan saat ini memang sudah harus dilengkapi dengan kecanggihan. Sebab, era semakin maju, maka pelayanan yang diberikan pun harus disesuaikan dan dipermudah. “Proses perizinan pun paling lama 15 hari, setidaknya hitungan minggu selesai. Pada prinsipnya di bagian pelayanan, jika persyaratan sudah lengkap, akan lebih cepat,” katanya.

Hal ini untuk menekan pegawai di bidang pelayanan dengan memangkas waktu pelayanan juga berkaitan dengan integritas. Mengurangi pertemuan pegawai dan pemohon. “Salah satunya, seperti izin gangguan pendirian perusahaan. Dimana dalam satu berkas pengajuan, kami menerbitkan izin paralel. Yakni tiga izin sekaligus, Izin Gangguan, SIUP dan TDP,” katanya.

Pelayanan yang sudah berbasis IT dengan waktu pelayanan yang tidak menunggu lama, maka penghargaan ini diberikan atas dasar keberhasilan Pemerintah Kota Palembang dalam menerapkan pelayanan perizinan terpadu berbasis IT. “Saat ini pelayanan perizinan kita sudah berbasis IT, dengan kecanggihan sistem yang kita punya, kita meraih predikat terbaik di Provinsi Sumsel,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menekankan agar semua daerah di Sumsel harus “Melek” IT, semua pelayanan harus berbasis IT. Dengan majunya teknologi yang diberikan dalam melayani perizinan, investor akan mau berinvestasi.

“Sekarang sudah zaman IT, jangan sampai kita ketinggalan, dimulai dari Pemerintah Provinsi melaunching Sumsel Smart and Care, kedepan bisa diikuti oleh seluruh daerah di wilayah Sumsel,” jelasnya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...