Home / Headline / Stasiun Jakabaring Ke OPI, Lokasi Uji Coba LRT

Stasiun Jakabaring Ke OPI, Lokasi Uji Coba LRT

Palembang, BP–Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang tengah dibangun di ibukota Provinsi Sumatera Selatan, pengerjaannya ditargetkan selesai April 2018. Sejauh ini, pengerjaan sepur dipucuk yang biasa disebut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin sudah mencapai 70 persen.

Sekretaris Project Managemen Unit (PMU) Percepatan Penyelenggaran LRT Ahmad Wahidin mengatakan, secara teknis struktur bangunan stasiun sudah selesai, kini tengah masuk tahapan pengerjaan arsitektur. Namun, pihaknya memprioritas pengerjaan Stasiun LRT di Jakabaring dan OPI Mall.
“Karena, kedua stasiun itu nantinya akan menjadi lokasi uji coba dan sosialisasi bagi masyarakat di Sumsel, khususnya Kota Palembang,” ujarnya, Kamis (16/11).
Menurutnya, pihaknya akan menyosialiasikan ke masyarakat. Diantaranya, bagaimana cara naik transportasi massal tersebut, bagaimana penggunaan kartu (cara bayar) dan fasilitas lainnya. Tentunya, itu semua akan diumumkan ke publik sekitar Februari atau awal Maret 2018.
“Stasiun LRT sendiri memakan waktu sekitar 1,5 tahun untuk fondasi. Sementara terkait aristekturnya diperkirakan selama empat sampai lima bulan. Tantangan pembangunan Stasiun LRT pada sistem kereta yang menyangkut persinyalan, kelistrikan dan telekomunikasi,” tambah dia.
Sementara itu, Kepala Proyek Utama LRT PT Waskita Palembang Mashudi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempercepat proses pengerjaan LRT. Tidak hanya fokus kepada pengerjaan slab track dan LRT persimpangan. Pihaknya juga tengah mempercepat pengerjaan fisik di 13 stasiun.
Dikatakan dia, enam stasiun utama akan dipasang instalasi gardu induk. Selain itu, pihaknya juha tengah menyelesaikan dua stasiun utama yang terletak di Bandara SMB II dan Jakabaring. Mengingat, kedua stasiun tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018. Termasuk juha Stasiun Asrama Haji, Stasiun Palembang Icon, Stasiun Ampera dan Stasiun OPI.
Ia juga menjelaskan, instalasi listrik ini harus siap awal tahun sebab pada April 2018 akan dilakukan uji coba LRT. Semua harus siap sebelum itu, saat ini pihak PT PLN pun tengah membangun jaringan.
Untuk kapasitas stasiun, masih dilanjutkan dia, nantinya mampu mencapai seribu penumpang, sementara LRT sendiri didesain mampu mengangkut 143.329 penumpang per hari atau 7.160 penumpang per jam pada 2018.
“Kalai akses menuju stasiun nantinya terdapat tiga jenis akses bagi penumpang, yakni lift, eskalator dan tangga biasa. Sementara desain awal dari jalan itu pakai ram, namun kami kesulitan lahannya tidak ada, perlu pembebasan sehingga akses tiap stasiun berbeda-beda,” pungkasnya. #rio
Baca:  Lintasan LRT di Atas Musi Paling Kritis dan Sulit
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Disorientasi Pola Pikir Mahasiswa dalam Menjaga Identitasnya sebagai Intelek Kebermanfaatan

Oleh ADE FAJRI Mahasiswa, Aktivis Universitas Sriwijaya Penerima Manfaat Beasiswa Generasi Harapan dari Sinergi Sriwijaya MAHASISWA adalah intelektual bangsa, karena ...