Home / Palembang / Flyover Bandara Terkendala Pembebasan Lahan 

Flyover Bandara Terkendala Pembebasan Lahan 

Palembang, BP — Pembangunan Flyover Simpang Bandara yang sudah mencapai 72,8 persen sudah diprediksi akan molor satu serengah bulan dari target. Hal ini lantaran masih harusnya dilakukan pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai jalan samping jembatan.
Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan (PJ) Metropilitan BBPJN V, Demsi Saad mengatakan, Flyover Simpang Bandara ditargetkan selesai Maret 2018. Pengerjaan jembatan dengan panjang 460,74 meter itu akan menjadi jalur penghubung antara Palembang kota dengan jalan arah menuju Jambi.
Ia mengatakan, flyover yang dibangun oleh PT Modern Widya Tehnical tersebut untuk pekerjaan atasnya sudah selesai tinggal menyelesaikan dindingnya. Selain itu juga diselesaikan front tage atau jalan pendekat, ofrade atau jalan pendekat dari ambutment atau tiang terakhir sampai ke jalan raya. Sementara pemasangan hand railling atau pagar pembatas belum dilakukan lantaran masih dalam produksi.
Demsi mengakui, jika seharusnya pengerjaan jalan samping harus sedang dilakukan. Hamya saja, akibat lahan yang akan digunakan masih twrdapat kendala yakni pembebasan lahan yang saat ini sedang dalam tahap proses pembayaran.
“Progress pengerjaannya agak terlambat memang sekitar kurang lebih 9 persen karena menunggu pembebasan lahan di sekitar seberang IGM kurang lebih ada 14 persil yang harus diselesaikan,” jelasnya, Selasa (14/11).
Menurutnya, pembebasan lahan telah dianggarkan Pemkot Palembang Rp2,2 miliar untuk penggantian tanam tumbuh dan bangunan. Anggaran tersebut belum mencukupi keseluruhan pembayaran sehingga harus dianggarkan kembali di awal 2018 oleh pemkot sebanyak Rp2,6 miliar.
“Total seluruhnya Rp4,8 miliar. Sebab jika belum dibayarkan lahannya belum bisa dikerjakan. Kemungkinan molor satu setengah bulan,” katanya.
Pembangunan dengan investasi Rp159 miliar ini akan dibangun dengan ornamen khas Sumsel Sriwijaya dengan menyematkan ukiran dinding di sepanjang girder. “Untuk mempercantik kita pasang up lighting dengan warna yang berbeda dan berubah dalam waktu berkala,” ujarnya. #pit
Baca:  ‘Fly Over’ Simpang TAA Diklaim Tercantik
x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan ...