Home / Sumsel / Bapenda Siapkan Program Baru, Tingkatkan PAD Provinsi Sumsel

Bapenda Siapkan Program Baru, Tingkatkan PAD Provinsi Sumsel

Neng Muhaiba

Palembang, BP–Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan kini tengah fokus menyiapkan beberapa program baru untuk diterapkan pada 2018 mendatang. Program-program yang tengah disusun dan direncanakan pihaknya tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Sumsel.

Kepala Bapenda Provinsi Sumsel Neng Muhaiba menjelaskan, saat ini pihaknya telah memiliki berbagai pelayanan seperti Samsat Keliling (Samling), Samsat Corner, Payment Point, Samsat Desa, dan Samsat Kelurahan. Namun, pihaknya terus mencari inovasi pelayanan baru untuk mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan baik roda dua maupun roda empat.
“Kita saat ini tengah menyiapkan beberapa program untuk meningkatkan PAD Sumsel untuk dijalankan di 2018 mendatang,” ungkap Neng, Selasa (14/11).
Untuk program Bapenda Provinsi Sumsel terbaru di 2018, Neng enggan membeberkannya saat ini, sebab sejauh ini masih disusun dan menurutnya nanti akan diberitahu sehingga menjadi kejutan. Meski begitu, program terbaru yang akan dijalankan salah satunya adalah E-Samsat.
“Kalau program-program lainnya nanti, biar jadi kejutan. Salah satunya adalah E-Samsat itu, melalui program ini dapat dirasakan hingga pelosok desa,” kata dia.
Menurut Neng, pelayanan ini membuat masyarakat dengan mudah melakukan pembayaran, sebab masyarakat juga sudah menggunakan telepon seluler (ponsel) yang canggih. Dengan sistem ini, masyarakat dapat membayar pajak lewat ponsel melalui aplikasi secara online.
“Intinya dengan begitu pendapatan akan bertambah dan pembayaran pajak menjadi lebih mudah, tentu masyarakat dapat sangat terbantu,” jelas Neng.
Upaya yang dilakukan lainnya, lanjut dia, tetap dengan cara memudahkan wajib pajak (WP) kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan baik roda dua maupun roda empat dengan pelayanan Samsat Kelurahan dan Samsat Desa.
“Apalagi sekarang telah dibuka di tiga daerah seperti Mariana, Tuguluyo dan Sungai lilin,” tambah Neng. #rio
Baca:  Cara Menghindari Pajak Progresif Kendaraan
x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Melaunching Program S2C

Palembang, BP—Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin resmi melaunching program Sumsel Smart and Care (S2C). S2C merupakan inovasi proyek perubahan ...