Home / Headline / Pungli PTT Dinkes Muba, Mega Pasang Badan?

Pungli PTT Dinkes Muba, Mega Pasang Badan?

BP/DOK

Sekayu, BP–Berkas perkara dugaan pungutan liar pegawai tidak tetap (pungli PTT) di Dinas Kesehatan Musi Banyuasin (Dinkes Muba), dengan tersangka Mega Elisyah yang seorang ASN di Kelurahan Bayung Lencir, Muba memasuki tahap P19. Masih ada beberapa keterangan Arina yang harus dilengkapi hingga berkasnya dinyatakan lengkap  (p21). Mega juga sudah diberbehentikan sementara dari ASN Muba sejak dirinya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Kini, masyarakat menanti kelanjutan kasus ini. Seperti diberitakan, Mega Elisyah berbuat sendiri dalam pungli yang bernilai miliran rupiah itu. Ia seolah pasang badan dan meyakinkan bahwa dirinya pemain tunggal dalam kasus tercela yang menggarong ratusan juta rupiah duit calon PTT. Dari hasil pemeriksaan di Polres Muba, pungli penerimaan medis PTT daerah berkisar Rp30 juta dan PTT Pusat Rp45 juta/orangnya.

“Kita terus melakukan penyelidikan dan mengumpulan barang bukti,” kata AKBP Rahmat Hakim, Kapolres Muba, melalui  AKP Kemas Muhammad Syawaludin Arifin, Sik, SH, Kasat Reskrim Polres Muba.

Penyelidikan itu, diakuinya, mengejar pelaku yang ikut serta dan diduga membekingi aksi pungli PTT Medis di Kabupaten Muba.  Penyidik, sayangnya, menemui kendala dalam proses penyelidikan, dalam membongkat pungli yang ada.

“Seluruh saksi terus bungkam dan tak berikan keterangan sekarang ini,” tegasnya. Penyidik pun belumlah menetapkan tersangka lain dalam pungli PTT Medis yang ada.

Meski demikian, lanjutnya, penyidik tidak akan menyerah dan terus mengejar pelaku lainnya. Perlu diketahui, berkas Megas telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Muba sekarang ini.

Kejari Muba, Maskur, SH, MH, melalui Kasi Pidum Bob Sulistian, membenarkan, pihaknya telah menerima berkas Mega dalam pelimpahan tahap satu itu. Hanya saja masih ada keterangan yang perlu ditambahi penyidik kepolisian.

Maka itulah, berkas Mega dinyatakan P-19. “Kita minta kepolisian melengkapi kekurangan yang ada,” pungkasnya.

Sementara korban pungli PTT medis itu, telah mencapai 60 orang. Di mana praktik  pungli pengangkatan dan penerimaan PTT medis di Kabupaten Muba telah berlangsung sejak 2015 lalu. #arf 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Polda Endus Ladang Ganja Lain

Palembang, BP–Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 335 butir ekstasi dan 86,34 gram sabu hasil ungkap dua perkara dengan tiga ...