Home / Pemerintahan / Pahlawan Itu Jujur dan Memikirkan Rakyat

Pahlawan Itu Jujur dan Memikirkan Rakyat

FOTO: REPUBLIKA

Jakarta, BP— Ketua Badan Pengkajian MPR RI Bambang Sadono menegaskan,   pemahaman pahlawan bukan hanya pejuang dan heroic namun, berjuang untuk kepentingan masyarakat luas dan demi bangsa negara tanpa pamrih. “Pahlawan itu ikhlas berbuat, bekerja serta berjuang  untuk kepentingan masyarakat. Sekarang sangat sulit rasanya mencari orang  yang siap berkorban dan bekerja demi masyarakat,” ujar Bambang di ruangan wartawan DPR, Jakarta, Senin (13/11) dalam acara dialog kebangsaan bertajuk Pahlawan Zaman Now.

Baca:  Ambon Akan Menjadi Kota Musik Kelas Dunia

Menurut Bambang, di zaman now ini  perilaku jujur, tidak korupsi serta mengutamakan kepentingan rakyat  agak sulit dijumpai. Mereka lebih mementingkan keluarga, kelompoknya saja ketimbang rakyat banyak. “Di zaman now ini sulit mencari pejabat atau pengusaha yang bisa dijadikan teladan. Liat aja tuh angggota DPR hanya sibuk memikirkan kelompok atau golongannya saja,” tuturnya.

Baca:  Indonesia Kerja Keras Tingkatkan Investasi

Dikatakan,  bangsa Indonesia  butuh tokoh dan pejabat negara yang dapat menjadi  teladan di tengah masyarakat. Pejabat publik serta tokoh masyarakat saatnya menjadi pahlawan dengan  bersikap jujur, serta peduli kepada masyarakat.

Sejarawan JJ Rijal  mengatakan,  pahlawan merupakan  perwujudan  nilai-nilai sebagai warga  Indonesia. Mereka berjuang dan berbuat sesuatu demi bangsa Indonesia sehingga jasa mereka dikenang sepanjang masa. “Jumlah pahlawan nasional kita  sekarang  173  orang, dan  terbesar di seluruh dunia.  Tapi, bagi Indonesia jumlah itu masih sedikit. Semakin banyak pahlawan nasional dari berbagai daerah semakin baik, karena bisa menjadi perekat sesama anak bangsa,” kata Rizal.

Baca:  DPR Usulkan RUU Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Diakui Rizal, di zaman now ini sangat sulit menemukan  perilaku pahlawan pejabat kita dari  pusat sampai daerah. Pejabat lebih mengutamakan kepentingan kelompok serta golongan tertentu saja, tanpa mempedulikan rakyat. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Harga Kopra Jeblok, Senator Malut Minta Pemerintah Turun Tangan

Jakarta, BP–Harga kopra di Maluku Utara (Malut) jeblok sejak enam bulan terakhir. Semula Rp10.000 kini hanya dihargai Rp3.200 per kilo. ...