Home / Sumsel / Musi Banyuasin / Ayo Kader PKK Jadi Pelopor Tes IVA

Ayo Kader PKK Jadi Pelopor Tes IVA

BP/HUMAS MUBA

Bayung Lencir, BP–Para wanita, baik ibu maupun remaja putri di Kabupaten Musi Banyuasin diimbau sedini mungkin mencegah timbulnya penyakit kanker serviks dengan melakukan pemeriksaan kesehatan melalui IVA test, baik di rumah sakit maupun di Puskesmas.
“Hal itu penting dilakukan karena bila terdeteksi pra kanker bisa secepatnya diobati supaya sembuh sehat kembali, dan kepada kader-kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan maupun Desa/Kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) agar menjadi pelopor bagi kaum perempuan untuk mendeteksi dini kanker serviks dengan melakukan tes IVA, “ujar Ketua TP PKK Muba, H Thia Yufada Dodi Reza disela pembinaan di Kantor Kecamatan Bayung Lencir, Senin (13/11). Acara pembukaan turut dihadiri Camat Bayung Lencir, Ahmad Toyibir SSTP MM.
Diungkapkan Thia, kaum ibu berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ibu yang sehat akan membuat Republik ini pun menjadi kuat.
Maka diharapkan ibu-ibu tidak perlu malu untuk memeriksakan diri terutama kesehatan reproduksi melalui IVA Test guna mendeteksi apakah terindikasi kanker leher rahim atau lebih dikenal kanker serviks. Bila hasil pemeriksaan positif pra kanker maka bisa segera diobati sesuai standar pelayanan kesehatan sehingga tidak menjadi kanker dan sehat normal kembali.
“Bila sudah terlanjur menjadi kanker apalagi stadium empat sudah sulit disembuhkan hingga bisa menyebabkan penderita meninggal dunia,” tandasnya.
Selain itu, tes IVA juga berkaitan dengan salah satu program kerja TP PKK Pokja IV dan dilombakan setiap tahunnya, maka dari itu selain bermanfaat bagi kita kaum perempuan tentunya bisa memberikan prestasi bagi TP PKK Muba nantinya, “ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza menyerahan buku wajib kepada Ketua TP PKK Kecamatan Bayung Lencir Yuliasty, SST,P MSi.#arf
Baca:  Sekolah di Muba Sejajar Sekolah di Negara Maju
x

Jangan Lewatkan

Pembangunan IT di Muba Salip Sumsel

Palembang, BP–Beberapa terobosan pembangunan Informasi dan Teknologi (IT) digital di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapat pengakuan dari sejumlah pihak, tidak ...