Home / Headline / Anggaran Jalan Sumsel Tahun 2018 Rp484.482.651.000.00

Anggaran Jalan Sumsel Tahun 2018 Rp484.482.651.000.00

H Ishak Mekki

Palembang, BP
Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Ishak Mekki memastikan, kalau pihaknya memprioritaskan jalan-jalan provinsi sehingga kesenjangan antara wilayah dapat di kurangi sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah tahun 2018.
Menurut Ishak , pada Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel telah dialokasikan anggaran Rp484.482.651.000.00 dari APBD Sumsel dan direncanakan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 sebesar Rp93.166.000.000.00 untuk pembangunan dan perbaikan jalan-jalan provinsi di kabupaten/kota dan provinsi Sumsel dengan mempedomani Keputusan Gubernur Sumsel Nomor 129/KPTS/DIS.PU.BM/2016 tentang penetapan ruas-ruas jalan , menurut statusnya sebagai jalan provinsi.
“Dengan ini di harapkan kesenjangan antar wilayah dapat di kurangu sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah tahun 2018,” katanya saat membacakan jawaban Gubernur Sumsel terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel atas penjelasan Gubernur Sumsel terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD Sumsel tahun 2018, Senin (13/11).
Sebelumnya Sembilan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel secara bergantian mengemukakan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2018 pada Rapat Paripurna XXXV yang dihadiri Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki, Kamis (9/11).
Dalam paripurna yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Sumsel, Chairul S Matdiah, di ruang rapat Paripurna DPRD Sumsel tersebut, fraksi-fraksi DPRD mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel agar tahun 2018 difokuskan pada perbaikan infrastruktur jalan di beberapa daerah di Sumsel yang rusak parah.
“Melihat kondisi infrastruktur jalan sudah banyak yang rusak parah tentu saja tidak sejalan dengan rencana kerja pemerintah. Jangan sampai membangun yang baru tetapi mengorbankan yang sudah ada atau membiarkan yang sudah ada menjadi terbengkalai. Bukankah hal tersebut semakin memperlambat perekonomian masyarakat, ” kata  juru bicara Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumsel.
Sementara itu, juru bicara Fraksi Partai Golkar dalam pemandangan umumnya juga meminta, kepada Pemprov Sumsel untuk memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan di kabupaten. “Saat ini beberapa kabupaten banyak jalan yang dalam kondisi rusak parah baik jalan nasional maupun jalan provinsi sehingga perlu perhatian khusus, dan dilakukan perbaikan agar dapat meningkatkan daya dukung kelancaran aktifitas ekonomi. Sehingga pembangunan dapat dirasakan oleh kabupaten. Karena jalan menjadi faktor penting dalam peningkatan pereknomian,” katanya.
Senada juru bicara Fraksi Partai Demokrat mempertanyakan beberapa hal terkait RAPBD salah satunya infrastruktur yang mengharapkan Pemprov Sumsel lebih memprioritaskan pembangunan jalan-jalan provinsi. “Sehingga dengan pemerataan pembangunan infrastruktur khususnya jalan provinsi, kesenjangan antar wilayah dapat dikurangi,” katanya.#osk

Baca:  Sumsel Bertransformasi Jadi Provinsi Terbaik

 

 

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Melaunching Program S2C

Palembang, BP—Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin resmi melaunching program Sumsel Smart and Care (S2C). S2C merupakan inovasi proyek perubahan ...