Home / Headline / 15 Hektar Lahan Sawah di Sumsel Terendam Banjir

15 Hektar Lahan Sawah di Sumsel Terendam Banjir

Mengais bulir-bulir padi dari banjir yang merendam sawah di Pematang. FOTO: MONGABAY

Palembang, BP–Belasan hektar lahan sawah di Sumatera Selatan terendam banjir. Lahan yang terendam banjir persisnya terjadi di dua lokasi yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Meski begitu, sejauh ini belum ada dampak gagal panen atau puso yang terjadi di Bumi Sriwijaya.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel Ilfantrian mengatakan, memang saat ini kondisi cuaca di Sumsel tengah ekstrem dan berdampak pada terendamnya beberapa lahan pertanian di Sumsel.
“Di Sumsel tepatnya di OKU Timur tercatat ada 15 hektar lahan yang terendam banjir. Namun, belum ada dampak gagal panen atau puso yang terjadi di sana,” ungkap dia, Senin (13/11).
Masih dijelaskan dia, kondisi banjir yang merendam lahan ini hanya berlangsung selama satu hari sampai dua hari dan tidak lebih, sehingga tanaman padi tetap hidup. Jika lahan yang terendam banjir selama tiga hari maka kondisi padi pun akan rusak bahkan dapat mati.
“Lahan yang terendam ini kebanyakan lahan irigasi. Jadi di OKU Timur ada dua lokasi yang terendam, pertama seluas 5 hektar dan yang lokasi kedua seluas 10 hektar,” jelas dia.
Disinggung mengenai berapa banyak lahan yang mengalami puso di 2016, dirinya tidak mengetahui pasti berapa banyak. Namun, ia memastikan jika petani mengalami puso maka pihaknya akan segera turun langsung ke lapangan untuk memberikan bantuan berupa benih dan lain sebagainya.
Sejauh ini, sambung dia, pihaknya juga mencatat untuk produksi padi di Sumsel mengalami surplus 74 persen atau total produksi sebesar 5 juta ton. Produksi terbesar tersebut berada di Kabupaten Banyuasin sebesar 1,4 juta ton dan OKU Timur sebesar 1 juta ton.
“Kami berharap tahun depan produksi padi dapat kembali meningkat, mengingat adanya pilot project baru yang dikembangkan Dinas Pertanian Sumsel,” pungkasnya. #rio
Baca:  Ribuan Hektar Sawah Diserang Hama Wereng
x

Jangan Lewatkan

Polda Endus Ladang Ganja Lain

Palembang, BP–Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 335 butir ekstasi dan 86,34 gram sabu hasil ungkap dua perkara dengan tiga ...