Home / Palembang / 12 Puskesmas Buka Layanan 24 Jam

12 Puskesmas Buka Layanan 24 Jam

Palembang, BP — Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat 12 puskesmas di Kota Palembang siap membuka pelayanan 24 jam. Pekan depan, penerapan layanan khusus gawat darurat ini akan dimulai.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia mengatakan, pelayanan 24 jam puskesmas di Palembang ini untuk meningkatkan pelayanan dari biasanya sampai pukul 16.00 menjadi 24 jam. Pelayanan pada malam hari ini tidak dilengkapi dengan fasilitas pelayanan poli, seperti pelayanan poli gigi pada siang hari.

 

“Jadi untuk pelayanan 24 ini untuk layanan yang bersifat darurat. Sehingga sebelum dirangani di rumah sakit, pasien bisa ditangani di puskesmas,” katanya disela rapat koordinasi persiapan pelayanan puskesmas 24 jam di Hotel Grand Duta Syariah, Senin (13/11).

Baca:  Puskemas Merdeka Tutup Pelayanan Poli Gigi Lebih Awal

 

Pelayanan di 12 puskesmas tersebut yakni Puskesmas Makrayu, Padang Selasa, Merdeka, Basuki Rahmat, 5 Ilir, Sei Selincah, 7 Ulu, Pembina, Kertapati, Alang-Alang Lebar (AAL), Sematang Borang dan Kertapati.

 

“Selama ini ada empat puskesmas yang sudah membuka layanan 24 jam, Gandus, Sungai Selincah, Pembina dan Sematang Borang, jadi nantinya jadi 12 puskesmas. Evaluasi dari yang telah kita laksanakan selama ini memnag sudah berjalan baik, pelayanan di malam hari paling banyak yang melahirkan, ada juga yang sakit lainnya yang ditangi,” jelasnya.

Baca:  14 Puskesmas Diakreditasi 2018

 

Menurutnya, secepatnya dalam pekan depan program ini akan di launching. Fasilitas pun telah disiapkan seperti tempat tidur hingga tiga perawat, satu dokter, sopir dan ambulannya. “12 puskesmas ini nantinya diback up oleh puskesmas yang belum melayani 24 jam,” ujarnya.

 

Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa mengatakan, untuk mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat itu memang harus melakukan innovasi mulai dari penguatan pelayanan kesehatan, strategi akses pelayaan kesehatan, optimalisasi rujukan dan meningkatkan mutu pelayanan.

 

“Diharapakan Palembang bisa melayani 24 jam, ini tantangan kita, puskesmas harus standby, nantinya layanan ini akan terkoneksi dengan instansi lain seperti kepolisian juga pemadam kebakaran,” tukasnya.

Baca:  16 Puskesmas Dinilai Kemenkes

 

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, Darmawan mengatakan, sebagai kota metropolitan, peningkatanan mutu pelayanan memang harus dilakukan. Pelayanan 24 jam harus diterapkan. Jika ini terwujud, sebutan Palembang kota metropolitan akan terwujud.

 

“Ini harus diterapkan, bagaimana puskesmas itu bisa mengcover masyarakat yang tidak mampu menggapai rumah sakit bisa dilayani di puskesmas, jam berapa pun itu,” terangnya. #pit

 

x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan ...