Home / Pendidikan / Edukasi Pelajar, Bintang Toedjoe Gandeng Dokter 

Edukasi Pelajar, Bintang Toedjoe Gandeng Dokter  Komik SHOW

TALKSHOW: Talkshow kesehatan bersama ratusan siswa SMAN Sumsel tentang edukasi konsumsi obat-obatan bagi pelajar di Gedung Amphitheater SMAN Sumsel, Jumat (10/11).

 

Palembang, BP– Maraknya isu penggunaan obat yang berlebihan atau penyalah gunaan obat yang menggunakan PCC bagi para pelajar belakangan ini membuat sejumlah pihak harus melakukan antisipasi pencegahan. Baik pemahaman seorang pelajar, lingkungan, guru sekolah maupun masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut, PT Bintang Toedjoe melakukan edukasi ke sejumlah generasi muda di Indonesia dengan menggandeng tenaga medis linier untuk melakukan pemahaman konsep mengkonsumsi obat secara benar.

Tak terkecuali Kota Palembang dengan memilih pelajar SMA Negeri Sumsel yang diberikan edukasi khusus melalui talkshow Komix SHOW (Sehat Harus pakai Obat secara Wajar).

Baca:  Siswa SMAN Sumsel Sabet Medali INESPO di Belanda

Plt Kepala SMA Negeri Sumsel M Ridwan Aziz mengatakan apresiasi kepada seluruh unsur yang mensupport agenda edukasi kesehatan kali ini. Dirinya berharap ini menjadi pemahaman baru bagi para siswa SMAN Sumsel tentang penyalah gunaan obat-obatan terlarang.

“Kadang kita berfikir, agar kita cepat sembuh apakah kita harus menambah dosis obat yang kita konsumsi? Tentu tidak, makanya kita berharap ini ada semacam pencerahan bagi para pelajar,”terangnya.

Sementara itu, Talkshow dipandu langsung oleh Pimpinan Perusahaan BeritaPagi Group Firdaus Komar bersama narasumber dr Rian Asni.

Menurut dr Rian Asni bahwa belakangan ini kasus tentang penyalah gunaan obat PCC marak terjadi dan mereka yang mendominasi konsumsi adalah pelajar. Sehingg edukasi semacam ini dirasa bukan lagi ceremonial tapi sangat urgent bagi pelajar.

Baca:  Dubes Amerika Kagum Kecerdasan Siswa SMAN Sumsel

“Jadi, seperti ada juga kasus penyalahgunaan obat batuk yang dipakai pelajar untuk mabuk dengan dicampur berbagai macam obat lain sehingga membuat penggunanya halusinasi,” ujarnya.

dr Rian Hansi mengaku prihatin karena banyak sekali belakangan ini kasus penyalahgunaan obat-obatan.

“Disini kita memberitahukan kepada siswa-siswi agar dapat menggunakan obat dengan baik dan benar serta sesuai dengan cara pemakaian dan anjuran dokter,” tegas dia.

Ia mengatakan ada tiga poin penting yang dirinya sampaikan dalam talk show  ini yakni pertama mengenal obat dan pengolongan yang beredar.

“Maksudnya jenis obat apa yang harus dibeli dengan menggunakan resep dokter dan tanpa resep dokter,” ujarnya.

Kedua, setelah mendapatkan obat ia pun mengatakan sebagai pengguna obat hatus mencermati  kemasannya. Misalnya tanggal kadarluasa, cara pemakaian dan lain sebagainya. “Nah yang ketiga  tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ini,” ujarnya.

Baca:  SMAN Sumsel Sabet Juara Hemat Energi Nasional

Sementara itu dikatakan Hendra Johan, selaku Area Manajer PT Bintang Toedjoe bahwa agenda edukasi ini merupakan konsen perusahaan untuk digelar nasional bersama para siswa se-Indonesia. Sehingga sebagai perusahaan yang juga mengeluarkan produk obat-obatan kesehatan turut memberi edukasi tentang kasus penyalahgunaan obat yang mengandung PCC belakangan ini.

“Dan di Palembang kita memilih adik-adik SMAN Sumsel. Kami berharap mereka usai ini bisa menjadi duta bagi dirinya, keluarga, teman dan masyarakat tentang ilmu konsumso obat secara benar,”jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan program perdana yang dikeluarkan PT Bintang Toedjoe. Kedepan, program positif ini bisa menjadi agenda tahunan agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya. #sug

 

x

Jangan Lewatkan

Marzuki Alie Tinggalkan Maaf ke IKA Unsri

Palembang, BP — Setelah menahkodai ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitae Sriwijaya masa bakti 2013-2017 akhirnya, tibalah Marzuki Alie lengser menyusul ...