Home / Pendidikan / Peringati Dies Natalis, Unsri Gelar Khatmil Quran Bersama Kemenristek Dikti

Peringati Dies Natalis, Unsri Gelar Khatmil Quran Bersama Kemenristek Dikti

NUSANTARA MENGAJI: Malam khatmil Quran dan pemberian Quran kepada Masjid/Mushola dipimpin langsung Menristek Dikti H M Nasir di Masjid Al Ghazali, Senin (6/11) malam. BP/SUGIH HARTO

Palembang, BP— Universitas Sriwijaya sangat berbeda dalam memperingati hari jadi kampusnya. Pasalnya, kampus kuning ini membingkai Dies Natalis Unsri ke-57 dengan khataman Al Quran yang langsung dipimpin oleh Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) H M Nasir.
Lantunan malam khatmil Quran pun penuh hikmat dan tercatat para hafizh/hafizah, dosen dan mahasiwsa mencatat sebanyak 57 kali khatam sesuai tajuk yang diangkat yakni Malam Nusantara Mengaji memperingati Dies Natalis Unsri ke-57.
Turut hadir dalam Nusantara Mengaji ini Karo Kesra Setda Sumsel Ahmad Nasuhi, Ketua Kopertis Wilayah II Prof Slamet Widodo, Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes dan ritusan jemaah.
Dalam kegiatan ini juga, Menristek Dikti H M Nasir memimpin langsung zikir dan memberikan bantuan berupa Alquran kepada sejumlah pengurus masjid dan musala yang berada di lingkungan Universitas Sriwijaya.
Pada kesempatan ini juga, Menristek Dikti H M Nasir dan Rektor Unsri Prof Annis Saggaff melakukan live streaming kepada 15 perguruan tinggi di Indonesia yang ikut menyaksikan khatam Alquran.
“Alhamdulillah, malam ini (6/11) mahasiswa kita berhasil mengkhatamkan Alquran sebanyak 57 kali. Hal ini membuktikan jika mahasiswa kita bukan hanya unggul di bidang akademik namun juga sudah mampu menghafal Alquran,” ujar Rektor Unsri Prof Annis Saggaf.
Lebih jauh dia menjelaskan, rangkaian Dies Natalis ke 57 Unsri ini sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Selain khatam Alquran, pihaknya juga sudah menyelenggarakan beberapa kegiatan lainnya seperti seminar, talkshow, pentas dulmuluk dan lainnya.
“Dalam khatam Alquran ini melibatkan 149 hafiz dan hafizah dari Unsri dan 24 hafiz lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” sebut dia.
Sementara itu, Menristek Dikti H M Nasir mengapresiasi khatam Alquran yang diinisiasi oleh Unsri. Menurut dia, kegiatan khatam Alquran sangat membantu dalam mewujudkan Indonesia lebih maju.
“Saya sangat apresiasi kegiatan ini. Dies Natalis Unsri yang dibarengi dengan Khataman Al Quran. Tentu ini menjadi contoh bagaimana mewujudkan Indonesia menjadi kebih damai,”harapnya
Tak lupa, Nasir berpesan agar Unsri trus berkompetisi dalam menciptakan kualitas dengan memaksimalkan riset jurnal sehingga pada gilirannya akan diterbitkan menuju jurnal internasional. #sug
x

Jangan Lewatkan

Marzuki Alie Tinggalkan Maaf ke IKA Unsri

Palembang, BP — Setelah menahkodai ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitae Sriwijaya masa bakti 2013-2017 akhirnya, tibalah Marzuki Alie lengser menyusul ...