Home / Palembang / 2018 Seberang Ulu Nikmati Jargas Gratis

2018 Seberang Ulu Nikmati Jargas Gratis

Direktur Operasional PT SP2J, Anthony Rais.

Palembang, BP — Masyarakat dari empat kecamatan di wilayah Seberang Ulu akan menikmati Jaringan Gas Kota (Jargas) secara gratis tahun depan. 4000 sambungan Jargas yang nantinya dikelola oleh SP2J ini, merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur Operasional PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) Anthony Rais mengatakan, ESDM bekerja sama dengan PT Pertamian (Persero) yang kemudian pada awal 2018 ini Pertamina akan mulai melakukan tender. Proses tender diperkirakan sampai Juni 2018.

“Setelah tender itu langsung dipasang, sehingga tahun berjalan 2018 itu 4000 warga dari empat kecamatan itu sudah bisa menikmati layanan Jargas. Dengan ini masyarakat tidak perlu menggunakan tabung gas lagi,” katanya, Selasa (7/11).

Baca:  2 dari 7 Blok Migas di Sumsel Siap Dikelola

4000 sambungan tersebut yang dibagi untuk empat kecamatan itu adalah Kecamatan Jakabaring Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu 1 Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 2 Kelurahan 16 Ulu, dan Kecamatan Plaju Kelurahan Plaju Darat. “Ribuan sambungan ini khusus bagi pelanggan rumah tangga saja, tidak untuk niaga. Sambungan Jargas ini bersifat gratis, masyarakat tidak dikenakan biaya sepeser pun,” jelasnya.

Ia mengatakan, hal yang menjadi kendala saat ini adalah pemikiran masyarakat yang kurang terbuka terkait manfaat Jargas tersebut. Padahal, Jargas lebih alami dan lebih hemat. “Ada masyarakat yang tidak mau pasang, padahal ini gratisdan bantuan jika dibandingkan dengan memasang sendiri Rp3,5 juta,” jelasnya.

Baca:  Tingkatkan Produksi Migas

Meski tak seberuntung kota lain, Palembang cukup bersyukur mendapatkan bantuan 4000 sambungan dari permohonan kepada ESDM sebelumnya 50 ribu. Sebab, sejak Jargas dikembangkan di Palembang 2009 lalu, wilayah jangkauannya hanya Seberang Ilir saja. “Proses penggarapan Jargas Seberang Ulu ini tingggal mau ngurus izin-izin prinsip. Seperti perizinan kota untuk menggali tanah, izin PDAM, PLN dan lainnya,” terangnya.

Sejak 2009 Jargas masuk ke Palembang atas bantuan ESDM sebanyak 3311 pasangan. Anthony mengatakan, 2015 Jargas di kembangkan PT SP2J dengan bantuan subidi dari Pemerintah Kota sebesar Rp5,8 miliar, hingga kini menjadi 5000 pasangan. Sejak saat ini, masyarakat yang mendaftar sekitar 14 KK perhari. Kawasan layanan Jargas ini diantaranya meliputi Kancil Putih, Mandi Api, Pakjo.

Baca:  Dana Bagi Hasil Migas Berkurang

“Pelanggan kita memang dominan rumah tangga, niaga hanya Rs Siloam, Mall Palembang Icon,” katanya.

Menurutnya, dengan menggunakan dana APBD tersebut jugalah SP2J mengembangkan jaringan gas tahap ke tiga untuk wilayah Ilir Barat (IB) I dan tahap ke empat daerah Polygon. Untuk menikmati gas yang bersumber dari Medco ini, masyarakat bisa mendaftar langsung dengan syarat pemasangan KTP, KK, meteran listrik / pam. “Pembayaran awal Rp3,5 juta itu bisa dicicil,” ujarnya. #pit.

 

x

Jangan Lewatkan

Tanpa Strategi Khusus, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda Yakin Menang

Palembang, BP–Pasangan calon petahana Walikota dan Wakil Walikota Palembang, Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda, mengaku tidak mempersiapkan strategi khusus untuk memenangkan ...