Home / Pendidikan / SMAN Sumsel Sabet Juara Hemat Energi Nasional

SMAN Sumsel Sabet Juara Hemat Energi Nasional

JUARA: Siswa SMA Negeri Sumsel saat mengikuti penganugerahan juara hemat energi nasional di Jakarta.

Palembang, BP– SMAN Sumatera Selatan turut berpartisipasi dalam Lomba Hemat Energi (LHE) Sekolah tahun 2017 dan berhasil menjadi Juara Pertama dalam ajang yang diadakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Lomba Hemat Energi Sekolah sendiri adalah kompetisi yang menargetkan siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMP dan SMU) untuk melakukan perilaku efisiensi energi di lingkungan sekitar; seperti lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.

“Menjadi Sekolah Hemat Energi Terbaik untuk wilayah Kota Palembang merupakan pencapaian terbaru bagi SMAN Sumatera Selatan,”ungkap M. Ridwan Aziz, Plt Kepala SMAN Sumatera Selatan, Senin (6/11).

Ridwan berharap semoga kedepannya, hal-hal yang telah dilaksanakan dalam kegiatan LHE ini dapat terus dilakukan, karena penghematan energi merupakan suatu keharusan.

Lanjutnya, lomba ini dilaksanakan di 5 (lima) kota secara serentak, diantaranya kota Palembang, Bandung, Surabaya, Denpasar dan area Jabodetabek.

Baca:  Siswa SMAN Sumsel Sabet Medali INESPO di Belanda

SMAN Sumatera Selatan, melalui rekomendasi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang berpartisipasi, selain beberapa sekolah lainnya di Palembang.

Untuk mengikuti lomba ini, SMAN Sumatera Selatan melakukan berbagai persiapan sejak bulan Juni 2017.

Persiapan yang paling awal dilakukan adalah pembentukan panitia dan penunjukkan Duta Energi. Ketua panitia atau yang disebut juga sebagai Manager Energi dipegang oleh Malisa Oktarina, S.Pd yang merupakan guru Fisika SMAN Sumatera Selatan, sedangkan Duta Energi terdiri dari 30 siswa kelas XI terpilih.

Duta Energi mengemban tugas untuk mensosialisasikan gerakan hemat energi kepada warga sekolah dan masyarakat luas. Penghematan energi di lingkungan sekolah dilakukan dengan membuat peraturan menyalakan pendingin ruangan harus di atas jam 9 pagi, harus mematikan lampu ketika hendak meninggalkan ruangan, mencabut stop kontak bila tidak digunakan, dan masih banyak lagi.

Baca:  Dubes Amerika Kagum Kecerdasan Siswa SMAN Sumsel

Sedangkan di lingkungan asrama dilakukan dengan pembuatan jadwal baru untuk mencuci dan menyetrika. Para siswa dilarang mencuci dan menyetrika ketika malam hari, hal ini dikarenakan penggunaan listrik pada malam hari akan lebih besar.

Sosialisi dilakukan dengan berkunjung ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) di sekitar SMAN Sumatera Selatan, juga kepada masyarakat sekitar ketika melakukan kegiatan Community Service. Selain itu, Duta energi juga melakukan sosialisasi dengan gencar melalui media sosial. Sosialisasi yang diberikan diantaranya adalah pentingnya hemat energi, cara-cara praktis untuk menghemat energi, dan pembagian stiker kepada masyarakat.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan LHE di SMAN Sumatera Selatan, para Duta Energi beserta siswa lainnya dengan pendampingan para guru mengadakan jalan sehat dengan rute SMAN sumsel-Dekranasda-Stadion Sriwijaya-Perumahan Atlet-SMAN Sumsel.

Sambil melaksanakan kegiatan jalan sehat para Duta Energi melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan penghematan energi. Mereka membawa spanduk yang ditandatangani oleh masyarakan yang telah diberikan sosialisasi sebagai bentuk komitmen bersama untuk melakukan penghematan energi.

Baca:  Edukasi Pelajar, Bintang Toedjoe Gandeng Dokter 

Dari serangkaian kegiatan yang telah melalui proses penjurian, pada 3 November 2017 yang lalu SMAN Sumatera Selatan menghadiri penganugerahan pemenang Lomba Hemat Energi di Jakarta.

SMAN Sumatera Selatan berhasil meraih predikat sebagai Sekolah Hemat Energi Terbaik untuk wilayah Palembang. Selain itu, SMAN Sumatera Selatan juga meraih juara untuk sub lomba yang lain, diantaranya: Juara 1 lomba video (Cyndella dan tim), Juara 1 lomba mural (Aas Mega Firstly dan tim), Juara 2 lomba fotografi (Cyndella dan tim), Juara 3 lomba poster (Arif Bintang), dan Juara 3 cipta jingle (Felix Antonio dan tim).

“Kami tidak mengira akan mendapatkan juara dalam lonba video ini. Kami hanya berusaha membuat video sebaik mungkin yang dapat menginspirasi penonton agar ikut berpartisipasi dalam penghematan energi,” ungkap Cyndella siswa kelas XII SMAN Sumatera Selatan yang meraih juara. #sug

x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...