Home / Pendidikan / Belanda Tawarkan Beasiswa Hingga Ratusan Juta 

Belanda Tawarkan Beasiswa Hingga Ratusan Juta 

BEASISWA: Direktur The Netherland Support Office (Nuffic Neso Indonesia) Peter Van Tujil bersama Wakil Rektor Unsri Dr Ir A Muslim,  Senin (6/11).

 

Palembang, BP– Kesempatan bagi para mahasiswa maupun calon mahasiswa Palembang dan sekitarnya terbuka lebar untuk menempuh studi strata satu maupun master ke Belanda. Menariknya, otoritas universitas Belanda tak mematok limit kuota sehingga kesempatan emas beasiswa terbuka lebar.
Benar saja, beasiswa yang ditawarkan Pemerintah Belanda melalui kerjasama bilateral dengan Pemerintah Indonesia ini mencapai 30.000 sampai 35.000 Euro pertahun atau setara dengan Rp470 juta setiap tahunnya.
Demikian disampaikan Direktur The Netherland Support Office (Nuffic Neso Indonesia) Peter van Tujil mengajak warga Palembang untuk melanjutkan studi di Belanda dengan beasiswa StuNed.
“Beasiswa dari Pemerintah Belanda ini ditawarkan khusus bagi warga Indonesia untuk mendukung kerjasama pemerintah kedua negara. Karena salah satu persyaratan adalah diterima di universitas Belanda dulu,”ujar Petter pada acara Holland Scholarship Info Session yang diselenggaran Universitas Sriwijaya, Senin (6/11).
Lebih lanjut dikatakan Petter bahwa Belanda memiliki deretan Universitas dengan kualitas terbaik nomor empat di dunia. “Salah satu tolok ukurnya ada 19 warga Belanda sudah meraih nobel yang menunjukkan keunggulan riset universitas Belanda,”terangnya.
Sementara untuk pilihan program studi terdiri dari 2100 program studi internasional dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Ditambah dengan kesempatan bagi alumni untuk mencari pekerjaan di Belanda sampai dengan tiga tahun setelah lulus.
“Saat ini sendiri ada sekitar 1.500 mahasiswa Indonesia dari berbagai tingkatan studi di Belanda. Untuk pendanaan, tidak harus biaya sendiri, karena tersedia berbagai beasiswa ke Belanda antara lain StuNed,”jelasnya.
StuNed sendiri adalah beasiswa berbasis prestasi yang berfokus pada keunggulan, mulai dari keunggulan akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi lain. “Jadi ini kuota tidak dibatasi selama lolos seleksi maka akan diterima,”jelasnya.
Untuk pendaftaran dibuka hingga tenggat waktu 15 Maret 2018 untuk program Master dan 7 Januari untuk Short Course. Selain harus memiliki surat penerimaan dari Universiras di Belanda, kandidat harus mimiliki skor IELTS minimal 6 untuk Master dan 5,5 untuk Short Course.
Sementara itu dikatakan, Wakil Rektor Unsri Dr Ir A Muslim bahwa ini bukan kali pertama dilakukan kerjasama dalam hal beasiswa di Belanda. Bahkan Sumsel sendiri tercatat sekitar 12 tengah mengenyam beasiswa double degree di Belanda melalui program beasiswa ini.
“Jadi ini terbuka bagi siapa saja, tak hanya Unsri tapi juga mahasiswa lain dan masyarakat Palembang dan sekitarnya,”jelas dia.
Dirinya menghimbau bahwa masyarakat Palembang jangan sampai tidak memanfaatkan kesempatan ini karena nilai beasiswa cukup tinggi dan tanpa batas kuota. Asalkan memenuhi kualifikasi di Universitas Netherland Belanda. #sug
Baca:  UKM Pers Unsri Hadirkan Menteri Lingkungan Hidup
x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...