Home / Palembang / Jadikan Trans Musi Angkutan Siswa dan PNS

Jadikan Trans Musi Angkutan Siswa dan PNS

Palembang, BP — Kemacetan yang terjadi di saat jam pergi dan berangkat kerja selalu menjadi permasalahan Kota Palembang. Rasio jumlah kendaran dan space jalan dinilai Wakil Walikota Palembang sudah tak seimbang. Sehingga tahun depan disiapkan Trans Musi khusus angkutan anak sekolah dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

 

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, setidaknya tahun depan akan menyiapkan angkutan khusus siswa sekolah dan PNS. Rencana tersebut saat ini sedang dikaji bersama instansi terkait termasuk Dinas Pendidikan dan PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J).

 

“Permasalah macet sudah menjadi konsumsi masyarakat saat ini. Karena contohnya saja satu kendaraan roda empat isinya hanya satu atau dua orang saja. Sehingga di jam-jam pulang dan pergi kerja jumlah kendaraan membludak, merayap, kemacetan tidak terkendali,” katanya kepada para awak media, Jumat (3/11).

Baca:  Kinerja Trans Musi Dipertanyakan

 

Ia mengatakan, pihaknya akan menentukan titik mana untuk jemput dan titik angkut. Realisasi ini akan terlaksana setelah bus baru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sekitar 50 unit. “Kita akan tentukan sekolah mana sebagai uji coba, nantinya akan kita evaluasi lagi, setelah itu baru akan diterapkan disekolah lain,” jelasnya.

 

Fitri mengatakan, pihaknya ingin Trans Musi menggantikan bus kota sebagai kendaraan umum yang nyaman. Begitu pun dalam mengatasi kemacetan, pihaknya ingin SP2J ikut berpartisipasi. Sehingga di saat jam pergi dan pulang kerja, pegawai dan PNS pun menggunakan Trans Musi agar mengurangi kemacetan.

Baca:  Dishub Tambah 25 Halte Portable Transmusi

 

“Saya rasa ini sangat efektif meski demikian ini harus dikaji lagi, setidaknya tahun depan sudah terlaksana,” jelasnya.

 

Direktur Operasional PT SP2J Antoni Rais mengatakan, armada untuk angkutan sekolah dan PNS masih akan 50 bantuan bus dari Kemenhub, sehingga dimungkinkan baru akan berjalan tahun depan. Nantinya sekolah mana saja yang mendapat fasilitas tersebut, pihaknya menyerahkan pada Pemkot Palembang.

Baca:  30 Karyawan Transmusi Dipecat

 

Antoni mengatakan, kesiapan SP2J mendukung kegiatan pemerintah juga atas subsidi yang selama ini diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan daerah ini. Sebab, tahun ini, subsidi yang diterima Rp19 miliar dan tahun depan ditargetkan Rp24 miliar.

 

“Trans Musi yang saat ini beroperasi dalam keadaan baik ada 150 unit, 30 rusak dan 50 unit lagi ada di terminal sebagai cadangan. Yang rusak ini akan dilelang tetapi menunggu kesiapan pemkot,” ungkapnya. #pit

 

x

Jangan Lewatkan

Tanpa Strategi Khusus, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda Yakin Menang

Palembang, BP–Pasangan calon petahana Walikota dan Wakil Walikota Palembang, Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda, mengaku tidak mempersiapkan strategi khusus untuk memenangkan ...