Home / Pendidikan / Hibrid Membran Antarkan Ian Kurniawan Raih Gelar Doktor

Hibrid Membran Antarkan Ian Kurniawan Raih Gelar Doktor

DOKTOR: Promovendus Ian Kurniawan saat menjalani sidang terbuka program Doktor Ilmu Lingkungan, Jumat (3/11).

 
Palembang, BP– Lulusan Program Doktor atau Strata-3 Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan kembali ditelurkan oleh Pascasarjana Universitas Sriwijaya. Berbeda dengan sebelumnya, program doktor kali ini melahirkan riset terbaru atas Promovendus Ian Kurniawan dengan konsep hibrid membran.
Pada Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan tersebut, Ian Kurniawan mempresentasikan disertasi hasil penelitiannya yang berjudul Sistem Pengolahan Antibiotik dalam Air Limbah Rumah Sakit menggunakan Proses Hibrid Membran (Nanofilter-Reverse Osmosis).
Perjalanan riset panjangnya pun akhirnya menuai pujian dengan berbagai keubggulan dan kelemahan yang ada. Apalagi, riset ini dinilai sangat dibutuhkan dan belum ada yang melakukannya.
Adapun para penguji pada sidang terbuka tersebut ialah Prof Ir. Abdullah, M.S., Ph.D, Prof Dr. Hilda Zulkifli, M.Si., DEA, Prof Dr H Chairil Anwar, DAPE.,Ph.D, Prof Dr Ir Sriati, M.S., Dr. Ir. H Muhammad Faizal, DEA, dan Dr Salni, M.Si dengan Promotor Prof Ir Subriyer Nasir, MS., Ph.D serta Co Promotor Prof Hermansyah, Ssi, M.Si, Ph.D dan Dr.rer.nat Mardiyanto, M.Si.,Apt.

Baca:  UKM Pers Unsri Hadirkan Menteri Lingkungan Hidup

Menurut Promovendus Ian Kurniawan, pada penelitiannya itu ia berhasil menemukan suatu teknologi ramah lingkungan melalui sistem pengolahan air limbah menggunakan proses hibrid membran yang mampu mengurangi komponen pencemar antibiotik sebelum dirilis ke lingkungan.

 
“Artinya, riset ini telah memberikan terobosan baru yang mampu memberikan knowledge bagaimana pencemaran antibiotik dalam pengolahan air limbah bisa berkurang,”terang Ian Kurniawan usai menggelar sidabg terbukanya, Jumat (3/11).

Sementara itu Promotor Prof Ir Subriyer Nasir yang juga Dekan Fakultas Teknik Unsri mengatakan Ian merupakan lulusan pertama yang meneliti masalah limbah rumah sakit. Ia sangat yakin temuan ini akan menjadi kontribusi yang positif bagi masyarakat luas.
“Ya, jadi penelitian ini kali pertama dilakukan. Kita berharap ini menjadi satu temuan yang pada gilirannya mampu memberikan pemahaman baru tentang sisi lain bagaimana mengatasi limbah,”jelasnya.
Di lain pihak, Wakil Rektor I Prof Zainudin Nawawi sangat bangga pada Ian Kurniawan karena dapat menyelesaikan pendidikan S-3 dengan tepat waktu yakni selama 3 tahun 5 bulan.

Baca:  Mahasiswa Harus Cerdas Cari Peluang

Pada Sidang Terbuka ini promovendus Ian Kurniawan dinyatalan lulus sebagai Doktor Lingkungan Ke-72 Universitas Sriwijaya dengan mendapatkan nilai 89,9 dan IPK 3,9 dan menyandang predikat dengan pujian. #sug

x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...