Home / Budaya / Pesta Budaya Simalungun Digelar, Dukung Agenda Wisata Sumsel

Pesta Budaya Simalungun Digelar, Dukung Agenda Wisata Sumsel

Sumarjono Saragih dilantik sebagai Ketua PMS Sumsel Babel Sabtu (21/10) lalu di Gedung Sukaria Palembang.

Palembang, BP–Partuha Maujana Simalungun (PMS) Sumsel Babel baru saja dibentuk. PMS adalah lembaga masyarakat adat Simalungun. Sebagai salah satu dari lima suku batak, suku Simalungun mayoritas berdiam di kabupaten bernama sama, Kabupaten Simalungun. Salah satu kota wisata di Danau Toba yang menjadi andalan wilayah ini adalah Kota Parapat.

Ketua PMS Sumsel Babel Sumarjono Saragih mengajak Sultan Iskandar manortor didampingi Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Johalim Purba.

Acara budaya ‘Marsombuh Sihol’ dan Pelantikan Pengurus PMS Sumsel Babel dilakukan Sabtu (21/10) lalu di Gedung Sukaria Palembang. Dihadiri tidak kurang 500 orang terdiri atas warga Simalungun dan undangan lainnya.

Baca:  Kemenpar Dorong Daerah Bentuk TDUP
Usai pelantikan, Ketua PMS Sumsel Babel Sumarjono Saragih mengatakan PMS akan bekerja sama dengan dinas pariwisata untuk mengembangkan wisata budaya secara terjadwal. Sumarjono Saragih –dikenal sebagai Ketua APINDO, Ketua Dewan Pembina GAPKI, dan SekJen FBBI– akan memimpin PMS selama 5 tahun ke depan.
Bupati Simalungun Dr JR Saragih hadir dan membawa rombongan besar (30 orang) untuk mendukung acara ini. Mulai dari Ketua DPRD Simalungun, Sekda, SKPD, dan sejumlah Tokoh Adat Simalungun.
Warga Simalungun hadir lengkap dengan pakaian adat “gotong” (ikat kepala pria) dan “bulang” (ikat kepala perempuan). Undangan dari berbagai etnik juga turut merasakan kegembiraan. Bahkan Sultan Iskandar M Badaruddin ikut menyanyi dan “manortor” (menari).
Sementara itu, Wakil ketua DPD MKGR Sumsel Herryandi Sinulingga didampingi Ketua Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Sumsel, Jimmy David Lumbangaol mendukung adanya PMS, selain untuk memajukan Wisata Sumsel juga turut menjaga kerukunan antar suku yang hidup di bumi sriwijaya. “Mari kita jaga bersama sama kerukunan ini demi kemajuan Sumatera Selatan di mata dunia, yang mana Indonesia sebentar lagi jadi tuan rumah Asian Games 2018,” tuturnya.
Lingga mengajak seluruh ormas yang ada di Sumsel untuk mempertahankan kerukunan suku yang sudah terjalin di Sumsel. “Tentunya perlu dukungan semua pihak untuk itu kita bersama sama menjaga kerukunan antar suku di sumatera selatan dan mengembang potensi budaya adat istiadat dengan tumbuh dan hidup berdampingan di Sumsel ini,” pungkasnya.#seg
x

Jangan Lewatkan

Darul Ditembak Dari Celah Pintu

Palembang, BP Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel menggelar rekonstruksi perkara perampokan disertai pembunuhan terhadap Darul Kutni (48) ...