Home / Headline / Lembaga Survei Harus Jelaskan Asal Dana

Lembaga Survei Harus Jelaskan Asal Dana

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana acara rembug pilkada di Sumsel yang digelar Lintas Politika di Hotel Excelton, Palembang, Senin (23/10).

Palembang, BP

Peneliti Senior LIPI, Siti Zuhro menyarankan, agar lembaga survei menyampaikan hasil survei serta asal muasal dana kepada penyelenggara pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) .
Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk menghindari survei “pesanan” yang dapat membodohi masyarakat.
Lembaga survei lanjutnya, tidak bisa sekedar dipayungi asosiasi yang ada, namun harus melaporkan hasil survei ke KPU tentang survei yang dilaksanakan, bahwa survei yang dilakukan betul-betul mengikuti kaidah akademik.
“Artinya apa? Ada metodologi yang bisa disampaikan, dan responden yang bisa disampaikan. Ada pendanaannya dari mana, dari siapa,” ujar Siti Zuhro usai menjadi narasumber dalam acara rembug pilkada di Sumsel yang digelar Lintas Politika di Hotel Excelton, Palembang, Senin (23/10).
Pentingnya transparansi itu menurutnya, untuk mengetahui apakah lembaga survei itu benar-benar independen.
“Karena kalau tidak mau seperti itu jangan buat pernyataan ke publik. Yang akan menjadi santapan publik. Publik berhak dapat hasil survei yang bisa dipertanggungjawabkan bukan hasil survei yang membohongi atau membodohi masyarakat,” jelas Zuhro.
Bilamana lembaga survei tidak melaporkan hasil itu kepada penyelenggara pemilu, maka sebaiknya hasil survei tersebut tidak dirilis ke masyarakat.
Dia menilai lembaga survei sudah agak berkualitas setelah adanya seleksi dari asosiasi yang mewadahi lembaga survei. Namun lagi, dia mengatakan hal itu saja tidak cukup, lembaga survei harus melaporkan hasil surveinya kepada KPU.
“Kenapa ke KPU, karena KPU itu penyelenggara pemilu. KPU juga akan jadi sasaran tembak kalau ada ketidakberhasilan dalam pilkada. Kalau lembaga survei itu tidak mau transparan artinya ada something wrong ada yang salah,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gulung Lubuk Linggau, Futsal PALI Puncaki Klasemen

Prabumulih, BP–Pertandingan sengit pada Pertandingan Futsal Putra Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) antara Lubuk Linggau melawan PALI berakhir dengan skor akhir ...