Home / Headline / Gubernur Alex Minta Pengembang Segera Bangun Pasar Cinde

Gubernur Alex Minta Pengembang Segera Bangun Pasar Cinde

Customer gathering APC yang diselenggarakan oleh PT Magna Beatum bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel, Sabtu (21/10). Foto: Rio Adipratama

Palembang, BP–Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin meminta pengembang properti PT Magna Beatum yang tergabung dalam Aldiron Hero Group segera memulai pembangunan Pasar Cinde yang nantinya akan berganti nama Aldiron Plaza Cinde (APC).

Permintaan orang nomor satu di Sumsel ini disampaikan oleh Asisten Khusus Gubernur IGB Surya Negara saat menghadiri customer gathering APC yang diselenggarakan oleh PT Magna Beatum bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel, Sabtu (21/10).

Surya mengatakan, Gubernur tetap berkomitmen dengan rencana pemanfaatan dan pengembangan Pasar Cinde, karena memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi masyarakat, khususnya pedagang Pasar Cinde.

“Itu juga nanti memberikan kontribusi pemasukan bagi kas daerah yang sangat besar. Pak Gubernur kerap kali menekankan kepada pihak pengembang agar sesegera mungkin memulai pembangunan Pasar Cinde,” katanya.

Baca:  Tim Cagar Budaya Kaji Renovasi Pasar Cinde

Ketua Tim Pelestarian Cagar Budaya Pasar Cinde Sudirman Teguh yang turut hadir dalam acara menambahkan, penetapan status cagar budaya berdasarkan UU No 11 Tahun 2010 tetap membuka peluang untuk pemanfaatan dan pengembangan Pasar Cinde.

Berbagai aspek, lanjut Sudirman, akan jadi pertimbangan. Selain rekomendasi hasil kajian oleh Tim Kajian Pelestarian Cagar Budaya Pasar Cinde yang diharapkan rampung dalam dua minggu, aspek lain adalah peraturan tentang bangunan gedung.

Menurut dia, masukan dari para ahli bangunan gedung terkait faktor kekuatan, keamanan, dan kenyamanan Pasar Cinde sebagai bangunan publik tentunya akan sangat dipertimbangkan. Selain pertimbangan-pertimbangan sosial ekonomi lainnya.

Ia meyakini, hasil rekomendasi dari Tim Cagar Budaya akan menjadi win-win solution’ terkait nilai-nilai penting yang masih harus ditinggalkan (fasade bangunan misalnya) dalam pengembangan baru, namun tidak membahayakan dan akan memberikan nilai komersial yang lebih baik bagi masyarakat Palembang dan pendapatan asli daerah.

Baca:  Aldiron Optimis Pasar Cinde Kelar

“Hasil tim ini akan lebih memuluskan rencana pemanfaatan dan pengembangan Pasar Cinde,” tambahnya.

Akademisi Ahli Struktur Zaenuddin mengungkapkan, hasil penelitian melalui visual, tes alat, dan hasil uji laboratorium atas bangunan Pasar Cinde mencakup kekuatan struktur pondasi, struktur bawah, maupun struktur atas menunjukkan bangunan sangat tidak aman untuk digunakan.

“Revitalisasi dengan pembangunan baru tidak mungkin dapat dilaksanakan apabila tidak mengorbankan kolom-kolom cendawan yang ada sekarang. Soal berapa banyak kolom cendawan yang masih harus ditinggalkan, itu adalah bagian dari proses perijinan yang sedang berjalan,” jelas dia.

Sementara itu, Kabud Tata Bangunan dan Perumahan Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel Aminuddin menjelaskan, sejak Januari 2017 lalu, Pemprov Sumsel melalui pihaknya telah mengirimkan surat dan memberikan ‘peringatan’ kepada Pemko Palembang.

“Sudah diberitahu agar bangunan Pasar Cinde sangat membahayakan dari sisi keamanan bangunan untuk dapat digunakan sebagai bangunan publik, karena dapat roboh sewaktu-waktu. Kita telah meminta agar pasar itu segera dikosongkan,” kata Aminuddin.

Baca:  Tuntut Pembongkar Pasar Cinde

Terpisah, Kepala Cabang PT Magna Beatum Palembang Raimar mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang silahturahmi para tenant yang telah memesan tempat usaha di APC, menjaring minat calon tenant baru, sekaligus sebagai ajang pencerahan terkait isu-isu terkini mengenai rencana pembangunan APC yang diberikan oleh para narasumber yang langsung terlibat, terkait dan berkompeten di bidangnya.

“Ini dihadiri sekitar 400 orang. Minat dan animo para pedagang untuk membuka usahanya di APC ternyata tetap tinggi. Mereka tidak terpengaruh kontroversi dan polemik pemberitaan mengenai status Cinde sebagai cagar budaya,” pungkasnya. #rio

 

RALAT FOTO

Terjadi kesalahan pada foto yang melengkapi berita ‘Gubernur Alex Minta Pengembang Segera Bangun Pasar Cinde’ sebelumnya. Dalam foto yang menunjukkan pembongkaran bagian utama atap bangunan Pasar Cinde, tidak dicantumkan kredit foto.

Yang seharusnya tertulis kredit foto: Kompas/Adrian Fajriansyah. Atas kesalahan tersebut, kami mohon maaf sekaligus ini menjadi ralat. Terima kasih.

Redaksi

 

 

 

x

Jangan Lewatkan

Polda Endus Ladang Ganja Lain

Palembang, BP–Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 335 butir ekstasi dan 86,34 gram sabu hasil ungkap dua perkara dengan tiga ...