Home / Bisnis / Aliri Listrik, Pertamina RU III Majukan Ekonomi Kerakyatan Dusun Saruan Desa Merbau

Aliri Listrik, Pertamina RU III Majukan Ekonomi Kerakyatan Dusun Saruan Desa Merbau

Palembang, BP

Akhirnya Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju bersama mitra Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), mampu menghasilkan listrik 10 KW di Dusun Saruan desa Merbau.

Sebanyak 33 kepala keluargadengan tersiri dari 165 anggota masyarakat telah merasakan manfaat listrik 24 jam. Dengan bergotong royong, pekerja Pertamina RU III, UMP dan masyarakat membangun dam penampung air.

Tidak hanya itu rumah turbin, pipanisasi suplai air, jaringan listrik ke rumah warga, serta pengecoran jalan ke lokasi turbin sepanjang 3 km dilakukan Pertamina sebagai wujud membangun negeri.

General Manager (GM) Pertamina RU III Djoko Priyono menjelaskan, pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) ini membawa efek pengganda (multiplier effect) berupa penguatan institusi sosial.

“Diantaranya pemanfaatan listrik dari PLTMH untuk pengepakan gula semut oleh kelompok usaha kecil mikro desa Merbau yang digagas Pertamina”. Sehingga PLTMH membawa dampak ekonomi kepada masyarakat Dusun Saruan,” katanya.

Selain itu, listrik dari PLTMH juga untuk menerangi balai dusun bantuan Pertamina yang sekaligus dimanfaatkan sebagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

PKBM tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ibu-ibu mengolah gula semut. Anak-anak pun akan makin giat membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan PKBM.

Kepala Dusun Saruan, Suyatmo, menjelaskan dampak sosial lain dari PLTMH. “Kami ni sekarang lebih rukun dan kompak. Sebabnyo ado sistem piket dan iuran rutin secara sukarela utk perawatan turbin,” katanya.

Masyarakat dusun memang telah mendapatkan pelatihan untuk memasang, mengoperasikan dan merawat jaringan listrik sendiri. Mereka secara swadaya  bergiliran menjaga dan merawat PLTMH.

Kehadiran PLTMH ini pun membuka peluang untuk peningkatan ekonomi desa misalnya melalui pengolahan makanan maupun hasil kebun. #ren

x

Jangan Lewatkan

Malaysia Beri Diskon Belanja Hingga 75 Persen

Palembang, BP Menggaet wisatawan untuk datang ke Malaysia digelar mega sale Malaysia Shopping Heaven 2017″ periode 1 November-31 Desember 2017 ...