Home / Pemerintahan / Lemkaji MPR Nilai Kondisi Pendidikan Nasional Banyak Persoalan

Lemkaji MPR Nilai Kondisi Pendidikan Nasional Banyak Persoalan

Chairul Azwar

Jakarta,BP–Ketua Lembaga Pengkajian (Lemkaji)  MPR RI Rully Chairul Azwar mengatakan,  kondisi pendidikan nasional saat ini belum sebaik yang diharapkan. Masih banyak persoalan yang mengiringi pelaksanaan pendidikan nasional, meskipun anggaran  pendidikan merupakan terbesar dibanding sektor lain. Anggaran pendidikan  20% dari  APBN atau sekitar  Rp 416,1 triliun untuk  tahun 2017.

Menurut Rully, salah satu bukti  persoalan pendidikan belum menggembirakan terlihat dari menurunnya peringkat atau daya saing pendidikan Indonesia di tingkat dunia.

Baca:  Pancasila Sudah Final

“Pada 2015-2016 posisi Indonesia berada pada peringkat ke 37 dari 138 negara. Namun pada periode 2016-2017 posisi Indonesia turun ke urutan 41, di bawah Malaysia (18), Singapura (2) dan Thailand (32),” kata Rully kepada sejumlah wartawan di  Gedung MPR RI  Jakarta,Jumat (20/10).

Selain itu kata Rully,    Unicef pada 2016 pernah menyebutkan 2,5 juta anak Indonesia tidak menikmati pendidikan lanjutan dengan alasan faktor ekonomi dan budaya. Ini juga menjadi masalah pendidikan nasional.

Baca:  MPR Perlu Bentuk Cyber Army Sosialisasikan Empat Pilar

“Ini bukti nyata  sistem pendidikan kita masih diliputi berbagai persoalan. Karena itu kita ingin mencarikan solusi, agar ke depan cita-cita mencerdaskan bangsa bisa segera tercapai,” jelas  Rully.

Untuk mencari solusi pendidikan nasional lanjut Rully, pihaknya akan mengadakan    Round Table Discussion. Acara tersebut   akan digelar  24 Oktober di Gedung MPR Jakarta, dengan mengundang 25 pakar pendidikan  seperti   Arief Rachman, Satrio Brodjonegoro,  Din Syamsudin dan  Anwar Arifin. #duk

x

Jangan Lewatkan

Beri Kuliah Umum di Unsyiah Kuala, AHY: Ada Mie Aceh Cabang New York

Banda Aceh, BP–“Kita harus jadi generasi yang maju mendunia,” seru Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada para mahasiswa di Universitas Syiah ...