Home / Headline / Akhir November, KPU Palembang Launching Pilkada

Akhir November, KPU Palembang Launching Pilkada

Abdul Karim Nasution

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang berencana melaunching pelaksanaan Pilkada pada akhir November mendatang. Berbeda dengan launching Pilgub Sumsel yang semarak dan diwarnai dengan pencatatan rekor MURI, launching Pilkada Palembang direncanakan akan berlangsung khidmat. Hal ini diungkapkan oleh Komisioner KPU Palembang, Abdul Karim Nasution, Jumat (20/10).
Ia mengatakan, dari awal, KPU Palembang menginginkan konsep yang tidak glamor tapi khidmat.
“Kita ingin pelaksanaan Pilkada Kota Palembang ini berlangsung kondusif, dan teduh. Kemungkinan tanggal launchingnya antara 20-23 November. Kepastiannya masih kita bicarakan,” kata Karim.
Ia menuturkan, launching Pilkada Kota Palembang nanti akan dilakukan secara terbuka, semua lapisan masyarakat dapat menyaksikan. Untuk lokasi, KPU Palembang mempunyai dua pilihan, antara lapangan Kamboja dan Kambang Iwak (KI).
Ia mengatakan, rencananya launching Pilkada Palembang berdekatan dengan launching pilkada Banyuasin, hal ini untuk memudahkan komisioner KPU RI untuk hadir.
“Rencananya berurutan dengan launching pilkada Banyuasin, hal ini agar KPU RI mudah dalam menjadwalkan kedatangannya kesini,” beber Karim.
Di sisi lain, Karim menjelaskan, untuk pilkada Kota Palembang, tidak ada satupun partai yang bisa mengusung sendiri calonnya. Semua harus berkoalisi dengan partai lain.
“Syarat untuk mengusung calon, minimal 10 kursi. Sementara yang paling banyak kursinya itu, PDI Perjuangan dengan 9 kursi, jadi semua parpol harus berkoalisi,” katanya.
Untuk calon independent dikatakan Karim, untuk maju pada pilkada Palembang harus menyertakan 74.361 dukungan disertai dengan foto kopi KTP. “Sejauh ini, sudah ada yang berkoordinasi soal peluang independent ini, terakhir timya (Akbar) Alvaro yang berkonsultasi,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

46 ‘Preman’ Terjaring Operasi Pekat

Palembang, BP–Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel menjaring 46 orang yang diduga preman di beberapa titik lokasi di ...