Home / Palembang / Tunggu Pemenang Tender Incenelator

Tunggu Pemenang Tender Incenelator

Palembang, BP — Pengelolaan sampah secara incenelator saat ini sedang ditenderkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Ditargetkan nantinya dengan sistem tersebut dapat menghasilkan energi listrik berkapasitas 20 Mega Watt (MW).

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, Pemkot Palembang terus mencari trik untuk mengatasi persoalan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan. Salah satunya adalah dengan menyediakan Incinerator yang dapat mengatasi tumpukan sampah menjadi sebuah energi.

Baca:  DKK Angkut 650 Ton Sampah Sehari

“Saat ini sedang ditenderkan, dalam waktu dekat jika sudah ada pemenangnya akan langsung diumumkan,” katanya.

Ia mengatakan, setiap orang memproduksi  sampah setiap harinya 8 ons, sementara jumlah penduduk Palembang saat ini 1,8 juta. Sedangkan saat ini, sampah yang mampu diangkut oleh truck sampah ke TPA Sukawinatan 800 ton perhari. Sehingga untuk mengurai tumpukan sampah itu perlu adanya sistem Incenelator.

Baca:  Raperda Pengelolaan Sampah Termal Bermasalah

“Sampah yang tertumpuk itu nantinya akan menghasilkan energi listrik. Dengan jumlah sampah per 100 ton bisa menghasilkan 20 MW. Jika sampah maksimal dikumpulkan, energi akan semakin banyak lagi, setidaknya ini akan menerangi wilayah sekitar,” jelasnya.

Berdasarkan Perpres 18 tentang Pengelolaan Sampah, ada tujuh kota yang digenjot pemerintah untuk menerapkan sistem ini kecuali Palembang. Namun, lanjut Harno, Kota Palembang terbukti siap menerapkan sistem pengelolaan sampah dengan Incenelator.

Baca:  Warga Keluhkan Tumpukan Sampah

“Kita lihat nanti Incenelator ini akan diterapkan di TPA Sukawinatan atau Karyajaya, setelah ada pemenangnya nanti,” tukasnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Capai 11,66 Persen, Magna Beatum Kebut Pembangunan APC

Palembang, BP — Pengerjaan Pasar Cinde yang merupakan pasar tradisional di tengah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus dikebut PT Magna Beatum. ...