Home / Palembang / Palembang Belum Miliki Destination Branding

Palembang Belum Miliki Destination Branding

Palembang, BP — Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Kota Palembang mesti memiliki branding destination untuk menarik wisatawan. Lantaran belum punya maka, Kementerian Pariwisata menggenjot Pemerintah Kota Palembang untuk segera menyelsaikan pembuatan tagline dan logo dengan bantuan konsultan.
Sebelumnya, telah dibuat branding “The City Where Culture and River Meet in Harmony”. Dimana Palembang menjadi kota dengan sejuta budaya, Palembang identik dengan sungai. Hanya saja, branding tersebut dinilai terlalu panjang dan sulit diingat.
Konsultan utusan dari Kemenpar, Ardi Ridwansyah mengatakan, branding destination pariwisata itu mesti mudah diingat. Sehingga beberapa hari kedepan beberapa OPD terkait akan fokus menentukan tagline dan logo branding ini.
“Memang sebelumnya sudah dibuat oleh pihak pemkot, itu sudah bagus, tetapi dibuat lagi yang lebih mudah diingat dan tidak terlalu panjang,” katanya, usai FGD Destination Branding Palembang, di Balai Kota Kantor Walikota Palembang, Rabu (18/10).
Ardi mengatakan, tahun ini Kemenpar memproyeksikan pembuatan branding destination pada lima kota di Indonesia. Yakni Palembang, Padang, Danau Toba Medan, Labuan Bajo dan Manado. “Targetnya itu Desember harus sudah selesai. Sehingga awal tahun harus sudah diluncurkan,” jelasnya.
Ia mengatakan, ada beberapa aspek yang harus diikuti dalam pembuatan branding ini. Pertama, tetap konsisten dengan brand “Wonderful Indonesia”. Sehingga, brand di daerah-daeriah ini ada benang merah yang kurang lebih sama dengan bandingnya Indonesia, kemudian font huruf dan warna sama. Kedua, dari sisi pemerimaan masy, sebab ini jadi milik masyarakat.
Ardi menjelaskan, tagline yang dihasilkan haruslah sederhana dan mudah diingat oleh wisatawan tetapi cukup mewakili keragaman Palembang. Kota Palembang menjadi terwakili oleh tagline tersebut disaat cukup banyak hal yang ada di Palembang. Semenetara itu Logo / Visualisasi. Logo harus juga mewakili dengan cukup melihat.
“Sudah banyak masukan untuk Logo seperti Ampera dan Sungai Musi sebagai visualisasi. Sementara tagline usulannya ada harmony, sriwijaya, sport tourism. Harapannya hasil akhirnya dapat menjadi inspirasi Palembang,” ungkapnya.#pit
Baca:  Pemandu Wisata Mulai Disertifikasi
x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan ...