Home / Headline / KPU Sumsel Seleksi PPK dan PPS

KPU Sumsel Seleksi PPK dan PPS

Ahmad Naafi

Palembang, BP — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel berencana melakukan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara serentak di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel. Hal ini dilakukan sebagai penyeragaman jelang pilkada serentak 2018 dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi mengatakan, pihaknya berupaya untuk melakukan seleksi PPK dan PPS secara bersamaan yang rencananya dilakukan pada tanggal 24 Oktober mendatang.

Baca:  Sarjan Tahir Serius Maju Dalam Pilgub Sumsel

“Pertama akan ada tes tertulis, kemudian dilanjutkan dengan wawancara bagi peserta yang lulus di seleksi tertulis,” kata Naafi kepada wartawan, Rabu (18/10).

Lanjut ia menjelaskan, pada hari ini pihaknya bersama dengan tim dari 17 Kabupaten/Kota mengkoordinir perumusan soal untuk seleksi tertulis.

“Kisi-kisi soalnya seputar peraturan perundang-undangan dan pengetahuan umum. Selain itu juga ada soal tentang kewilayahan yang berbeda masing-masing kabupaten kota. Seleksi tertulis akan dilakukan selama 120 menit,” imbuhnya.

Baca:  Tren Elektabilitas Dodi Reza Alex Meroket, Deru dan Ishak Melambat

Untuk pendistribusian soal, kata Naafi, pada H-1 pelaksanaan akan mulai di distribusikan kepada seluruh kabupaten/kota. Untuk pemeriksaan hasil seleksi tetap jadi kewenangan dari masing-masing daerah.

“Koreksi soal itu dimulai tanggal 25 sampai 29 Oktober oleh masing-masing Kabupaten/Kota. Setelah itu akan diambil 10 orang dengan nilai tertinggi untuk mengikuti seleksi wawancara dan dipilih lagi 5 orang,” kata Komisioner KPU Sumsel ini.

Baca:  Dodi Telah Kantongi Partai yang Akan Berkoalisi Dengan Golkar

Sementara, Komisioner KPU Kota Palembang, Abdul Karim Nasution mengatakan, tahapan pilkada Kota Palembang yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018 dimulai dengan rekrutmen untuk PPK dan PPS yang akan dibuka pendaftarannya pada 12 Oktober 2017 hingga 21 Oktober 2017.

“KPU Palembang membutuhkan PPK sebanyak 90 orang yang akan ditempatkan di 18 kecamatan dan PPS sebanyak 321 orang untuk 107 kelurahan” katanya. #osk

 

x

Jangan Lewatkan

46 ‘Preman’ Terjaring Operasi Pekat

Palembang, BP–Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel menjaring 46 orang yang diduga preman di beberapa titik lokasi di ...