Home / Sumsel / Ogan Ilir / Balai Bahasa Sumsel Beri Penyuluhan Guru SD dan SMP

Balai Bahasa Sumsel Beri Penyuluhan Guru SD dan SMP

Penyuluhan bahasa Indonesia yang diikuti ratusan guru se-Kabupaten Ogan Ilir (OI) selama dua hari, 17-18 Oktober, di SDN 24 Bakti Guna, Inderalaya dan SMPN1 Inderalaya.

Inderalaya, BP–Pegawai Balai Bahasa Sumsel memberikan penyuluhan bahasa Indonesia bagi media massa, humas sekolah, dan pengelola majalah sekolah. Penyuluhan tersebut diikuti ratusan guru se-Kabupaten Ogan Ilir (OI) selama dua hari, 17-18 Oktober, di SDN 24 Bakti Guna, Inderalaya dan SMPN1 Inderalaya.

Baca:  DPD Golkar OI Ajukan 6 Nama Jabat Ketua DPRD

Ketua Panitia Ratna Juita mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 50 peserta dari berbagai kecamatan se-Kabupaten OI, bertujuan memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia, selain itu meningkatkan sikap positif berbahasa, meningkatkan apresiasi masyarakat, dan sebagainya.

“Kita mengharapkan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi media massa, humas sekolah, dan pengelola majalah sekolah di Inderalaya dapat bermanfaat,” jelas Ratna Juita kepada BeritaPagi.

Baca:  Gerbong Ilyas Pandji Alam Bergerak

Kepala Balai Bahasa Sumsel Drs Firman Susilo, MHum didampingi Linny Oktovianny, MPd mengatakan kegiatan ini bertujuan memasyarakatkan bahasa Indonesia secara baik dan benar sesuai visi dan misi Balai Bahasa.

“Karena penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu sangat penting bagi dunia pers, guru, maupun humas sekolah ini. Menulis itu mudah kalau ada kemauan dan kemampuan. Bahasa merupakan alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi, bahasa merupakan satu sistem dalam arbiter. Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Bahasa yang baik adalah situasi dan komunikasi, dan benar sesuai kaidah-kaidahnya,” jelasnya.

Baca:  Kebakaran Lahan di OI Meluas, Api Mulai Jilati Pemukiman Desa

Menurutnya, melalui kegiatan ini Balai Bahasa mengajak masyarakat untuk mengutamakan bahasa Indonesia dalam berbagai aktivitas dengan baik dan benar, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan.

Peserta guru SDN 10 Widian Sulastri, SPd mengatakan sangat setuju dengan kegiatan tersebut karena menambah ilmu pengetahuan soal kebahasaan. #hen

x

Jangan Lewatkan

Tipikor Polres OI Lakukan OTT Kasus Dugaan Pungli di Badan PMD

Inderalaya, BP–Tim Tipikor Mapolres Ogan Ilir (OI) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Badan Penanaman Modal Daerah (PMD) Kabupaten ...