Home / Headline / Angin Badai Landa Puncak Dempo, Pendakian Ditutup

Angin Badai Landa Puncak Dempo, Pendakian Ditutup


IST

Pagaralam, BP–Gunung Dempo dalam kondisi gawat. Badai disertai angin kencang berkabut melanda puncak serta sekitar kawasan gunung berapi di kota Pagaralam ini sejak seminggu terakhir. Tapi sejauh itu hasil rekaman alat seismograf mencatat aktivitas kegempaan tremor nihil.
“Kondisi ini memungkinkan puncak Dempo membahayakan untuk pendakian. Perlu mewaspadai badai angin kencang dan kabut,” ungkap Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Dempo Mulyadi, malam ini.
Dikatakan Mulyadi, meskipun tidak terekam tremor, status Gunung Dempo masih di level II atau waspada dan aktivitas pendakian masih ditutup untuk sementara.
“Instansi maupun para komunitas pecinta alam yang akan melakukan aktvitas di kawasan Gunung Api Dempo, hendaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak terkait, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Gejolak fenomena alam tidak bisa diprediksi sebelumnya. Untuk saat ini, pendakian di kawasan puncak Gunung Api Dempo tidak direkomendasikan karena berpotensi membahayakan ,” katanya.
Disebutkan, berdasarkan rekamanan alat seismograf, tremor menghilang embusan nihil, sedangkan tektonik jauh terjadi dua kali dan vulknaik dalam terjadi tiga kali. “Berharap kepada para pendaki untuk tidak mendekati bibir kawah Dempo, apalagi merusak ekosistem, terkhusus merusak alat pemantauan Gunung Api Dempo di puncak kawah, serta tidak melakukan aktivitas pembakaran di sekitar kawasan Gunung Dempo, karena sangat berbahaya dan berpotensi memicu terjadi kebakaran,” katanya. #dar
 
Baca:  Gunung Dempo Aman Untuk Wisatawan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kolam Renang Garuda Bakal Miliki Taman Garuda Pancasila

Palembang, BP Kolam Renang Garuda yang terletak di Jalan Hang Tuah, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang adalah kolam renang ...