Home / Sumsel / Muratara / Calon Kades Akan Dites Darah

Calon Kades Akan Dites Darah Harus Bebas Narkoba

Muratara, BP–Pemerintah Kabupaten Muratara menginginkan kepala desa yang terpilih nanti benar-benar bebas dari narkotika. Konsekuensi ini dibuktikan dengan syarat setiap bakal calon (balon) kades yang mendaftar melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Syarat tersebut merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi setiap balon kades.
Setelah itu, balon kades juga harus melalui tahapan tes dari yang akan dilakukan Pemkab Muratara bekerjasama dengan BNN Provinsi . Artinya Balon kades tidak bisa berbangga hati karena ada proses yang menentukan. Tahapan ini dilakukan untuk mencari kades yang benar-benar bebas narkotika.
Kepala BPMD P3A Firdaus melalui Kabid Pemdes Husin Haikal menjelaskan kendati ada tahapan balon kades akan dites narkoba dengan cara pengambilan darah, masih saja untuk melengkapi berkas balon kades harus melampirkan SKBN dari BNN Mura.
“Meskipun nanti akan ada tes Narkoba. Balon kades  tetap saja harus melampirkan lampiran bebas Narkoba dari BNN. Karena itu salah satu syarat. Untuk melakukan tes darah kita bekerjasama dengan BNN Provinsi, sebab untuk tes dari itu kewenangan BNN Provinsi,” jelasnya, kemarin.
Masih menurutnya, meskipun balon kades sudah memiliki bukti bebas Narkoba dari BNN, tidak menutup kemungkinan ketika dites melalui darah mereka itu positif menggunakan narkoba.
 “Bisa saja tes urine negatif. Dan  tidak menutup kemungkinan nanti berdasarkan hasil tes dari mereka positif,” ucapnya.
Ia menegaskan jika nantinya ada yang positif gunakan narkoba, langsung didiskualifikasi dan tidak diikut sertakan dalam pesta demokrasi tingkat desa.
 “Kalau ada yang positif langsung didiskualifikasi,” pungkasnya. #wan
Baca:  Bandar Shabu Diamankan Saat Akan Tembak Polisi
x

Jangan Lewatkan

FPK Muratara Dikukuhkan

Palembang, BP Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sumatera Selatan (Sumsel) terus bergerak cepat usai dikukuhkan pada bulan Maret lalu, setelah pada ...