Home / Headline / Tujuh Hakim PN Baturaja Dites Urine

Tujuh Hakim PN Baturaja Dites Urine

Baturaja, BP–Tujuh hakim dan 27 staf di Pengadilan Negeri (PN) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dites urinenya dalam rangka mencegah agar tidak ada hakim yang mengonsumsi narkotika dan obat-obat terlarang.

“Benar sudah kami lakukan tanpa terkecuali. Ada sebanyak 34 orang yang di tes urine terdiri dari tujuh hakim dan 27 staf dan karyawan,” kata Ketua PN Baturaja Singgih Wahono, SH saat dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (13/10).

Baca:  Pecat, Pegawai Disdikpora Positif Narkoba

Tes ini, kata Singgih, tanpa terkecuali yang memang diwajibkan Mahkamah Agung dan diikuti dirinya sendiri (Ketua Pengadilan Negeri), hakim, sekretaris, panitera, serta seluruh staf dan karyawan PN Baturaja.

“Kita melibatkan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) OKU Timur. Alhamdulillah setelah pemeriksaan tak ada satu pun positif narkoba termasuk hakim,” kata Singgih.

Lebih jauh kata Singgih, test urine yang dilakukan ini sebagai upaya memerangi penyalahgunaan narkoba di tingkat peradilan, serta mewujudkan peradilan yang bebas dari narkoba.

Baca:  Anggota DPRD Sumsel Mengaku Tak Takut Tes Urine

Hal ini telah lama direncanakan, sesuai dengan instruksi dari Direktur Jendral Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, yang memerintahkan seluruh Ketua pengadilan, Hakim dan Karyawan Pengadilan Bebas Narkoba.

“Komitmen dari PN Baturaja yang mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba, sehingga terwujud peradilan yang bebas dari narkoba,” tuturnya.

Disinggung apakah tes urine ini akan rutin dilaksanakan pihaknya kedepannya dan apakah yang akan dilakukan jika terdapat hakim atau karyawan PN Baturaja jika terlibat penyalahgunaan narkoba? Singgih mengaku, untuk tes narkoba sendiri memang baru pertama kali dilakukan.

Baca:  Golkar Copot Nofiadi Sebagai Kader Partai

“Kalau rutin tentu kita terkendala anggaran tapi akan kita coba kaji. Tapi, kalau ada hakim atau karyawan yang terlibat penyalahgunaan narkoba saya pastikan akan diberi tindakan tegas bahkan dipecat,” pungkasnya.#her

x

Jangan Lewatkan

Akhir Oktober Nama Calon yang Diusung PPP di Pilgub Sumsel Keluar dari DPP PPP

Palembang, BP–Dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum mengambil sikap. “Sebenarnya ini bukan tentang last minute ...