Home / Palembang / Tak Ada Anggaran Pembangunan Kolam Retensi

Tak Ada Anggaran Pembangunan Kolam Retensi Tiga Kolam Retensi 2018

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Saiful.

Palembang, BP — Sepanjang 2017 ini, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tidak menganggarkan pembuatan kolam retensi.

Musim penghujan sudah mulai di Kota Palembang. Mesti tak dengan intensitas lama, namun hujan cukup deras. Sehingga genangan air dimana-mana tak mampu dihindarkan. Keberadaan kolam retensi dan pompa air sangat penting untuk menyedot genangan air lebih cepat.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Saiful mengatakan, tahun ini pemkot belum melakukan pembangunan kolam retensi dan tidak dianggarkan dalam APBD 2017. Hal ini lantaran tantangan pembebasan lahan dan butuh dana yang tak sedikit. Sehingga tahun ini belum ada pembangunan.

Baca:  Puluhan Hektar Sawah di Mura Terendam Banjir

“Tahun ini belum ada pembangunan. Tahun ini ada lahan yang akan kita bebaskan untuk kolam retensi di Plaju, Soekarno Hatta dan Kancil Putih. Kita akan lakukan pendekatan dan dihitung nilai pembebasan lannya oleh KJPP kemudian disusun DED-nya. Untuk pembangunannya tahun depan,” katanya, Rabu (11/10).

Saiful mengatakan, dengan memiliki 24 kolam retensi saat ini, ia menilai jumlah tersebut masih kurang. Sehingga diupayakan kedepannya untuk diusulkan pembangunannya. Sebab fungsi kolam retensi penting untuk penampungan utama air dari drainase kemudian dialirkan ke sungai.

Baca:  Waduh.. Banjir Karena Timbunan, Siswa SDN III Ini Tercebur

Saiful mengaku, dana untuk normalisasi kolam retensi dengan cara pengerukan belum ada tahun ini. Pihaknya baru akan menganggarkan tahun depan. “Kolam retensi itu pemeliharaannya dibersihkan. Sementara kita akan anggarkan untuk sedimentasi atau pengendapan lumpur itu 2018, jadi nanti itu dikeruk lumpurnya seperti Kolam Retensi Siti Khadijah, Demang Lebar Daun,” jelasnya.

Baca:  Pembangunan Pintu Sungai Terkendala Lahan

Menurutnya, banjir dan genangan air tidak akan terjadi lagi di 2018. Sebab, hal itu akan terealisasi dengan dibangunnya Pompanisasi Sungai Bendung. Pompanisasi Sungai bendung yang mendi sistem sekunder ini akan menampung aliran air diantaranya dari kawasan PTC, Simpang Polda, Veteran.

“Progressnya saat ini kita sedang membuat kolamnya, setelah itu akan dipasang enam pompa dengan kapasitas 6000 liter/detik,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MEDCO E&P DAN PESERTA MAGANG ALUMNI UNSRI

Banyuasin, BP PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) bersama peserta magang alumni Universitas Sriwijaya berhasil membuka peluang bisnis baru yaitu ...