Home / Bisnis / Logam Mulia Tetap Jadi Pilihan Investasi

Logam Mulia Tetap Jadi Pilihan Investasi

Palembang, BP–PT Aneka Tambang (Antam) melalui unit bisnis logam mulia (LM) di Palembang tidak khawatir penjualan menurun karena ada pengenaan Pajak Penghasilan (PPh) 22.

Marketing Officer Butik emas Antam Palembang Risca Dwi Maharani mengatakan,‎ PPh 22 tidak berpengaruh besar terhadap harga LM. Hal ini yang membuat LM tetap menjadi pilihan yang tepat untuk investasi.
“Kami tidak khawatir penurunan penjualan karena kami tidak menaikkan harga. Konsumen pun tetap beli, sebab mereka (pembeli-red) sudah memahami dan memaklumi aturan dan kebijakan tersebut, ” kata Riska, Rabu (11/10).

Baca:  Emas Antam Naik Rp7.000/Gram

Riska menjelaskan, untuk besaran PPh 22 yang dikenakan ke pembeli akan disamaratakan untuk semua ukuran emas yang dijual LM. Sedangkan yang membedakan pengenaan besaran PPh 22 adalah kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pembeli emas.

Jika pembeli memiliki NPWP maka dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen, sedangkan yang tidak memiliki dikenakan PPh 0,9 persen. “Berbeda itu untuk yang punya NPWP, cuma dikenakan 0,45 persen,” jelasnya.
Pengenaan PPh 22 untuk pembelian emas LM sudah dilakukan 2 Oktober 2017. Pengenaan PPh tersebut merupakan bentuk pelaksanaan peraturan. “Untuk saat ini penjualan masih terus tumbuh. Rata-rata per bulan mencapai 8kg, dan belum ada dampak penjualan dari kebijakan tersebut,” katanya.

Baca:  Tiga Hari Pameran, Antam Jual 3Kg Emas

Riska menjelaskan harga memang sedikit bergerak naik, Rabu (11/10). Harga beli per gram Rp633.625 sedangkan untuk harga per bar 2 gram Rp1,226 juta. Sementara per bar berat 5 gram Rp3,021 juta.
“Awal bulan lalu 8 September harga per gram Rp634 ribu per gram, dan memang harganya fluktuatif bukan karena ada PPh,” tukas dia.#ren

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...