Home / Sumsel / KPU Palembang Buka Pendaftaran PPK dan PPS

KPU Palembang Buka Pendaftaran PPK dan PPS

Poto: Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Karim Nasution

Palembang, BP — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang akan membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara untuk pilkada serentak 2018.

Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Karim Nasution mengatakan, pengumuman pendaftaran PPK dan PPS itu akan dilaksanakan pada Kamis (12/10).

“Kami hari ini pihaknya akan mengirimkan berkas contoh persyaratan, surat lamaran, CV dan lainnya ke kecamatan di Kota Palembang,” katanya, Rabu (11/10).

Baca:  Lury Elza Alex Ciptakan Generasi Penerus yang Andal dan Berkualitas Melalui SSC

Selain itu menurutnya, pihak Kecamatan boleh mengandakan berkas tersebut untuk dibagikan ke kelurahan yang ada di kecamatan masing-masing.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PPK dan PPS bisa ikut mendaftar. Untuk pendaftaran dan penyerahan persyaratan administrasi itu harus langsung yang bersangkutan menyerahkannya ke KPU Palembang,” katanya.
Mengenai pelantikan calon anggota PPK dan PPS itu akan dilaksanakan sekitar November 2017.

Baca:  Maju Di Pilkada Palembang, Lury Hanya Test On The Water

“PPK dan PPS nanti mulai bekerja terhitung sejak pelantikan pada November 2017 sampai Juli 2018. Bagi masyarakat yang berminat dan memenuhi persyaratan silahkan mendaftarakan diri sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu,” katanya.
Selain itu KPU Palembang menurutnya membutuhkan PPK sebanyak 90 orang yang akan ditempatkan di 18 kecamatan dan PPS sebanyak 321 orang untuk 107 kelurahan. Namun jumlah ini kemungkinan bisa bertambah menunggu instruksi dari KPU Sumsel.
Sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2015, calon PPK dan PPS wajib Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di wilayah PPK dan PPS dan minimal tamatan SLTA/Sederajat. Selain itu petugas juga harus sehat jasmani dan rohani, tidak pernah diberikan sanksi berupa pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP dan belum pernah menjabat dua kali sebagai PPK/PPS berturut-turut. #osk

Baca:  Puzzle Politik di Palembang Dituntut Segera Disusun

 

 

x

Jangan Lewatkan

Perhatikan Perbaikan Sekolah

Palembang, BP Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) H Rizal Kenedi mengaku, komisinya beberapa waktu lalu mengunjungi SMA 3 ...