Home / Olahraga / Desak KONI Sumsel Tegas Terhadap ‘Pembegalan’ Atlet

Desak KONI Sumsel Tegas Terhadap ‘Pembegalan’ Atlet Kontingen Palembang Siap Pertahankan Juara Umum Porprov

PORPROV: Rapat koordinasi dan pemantapan kontingen Kota Palembang dalam menghadapi Porprov XI November 2017 mendatang, Rabu (11/10). Foto: BP/SUGIARTO

Palembang, BP– Jelang pesta olahraga multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI pada 18 hingga 26 November 2017 mendatang persaingan diberbagai daerah begitu sengit. Bahkan sampai terjadi eksodus atau pun pembegalan atlet.
Berangkat dari hal tersebut, Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palembang mendesak KONI Sumsel bisa mengambil langkah tegas terhadap daerah-daerah yang main ‘begal’ atlet. Sehingga hal ini akan menciderai regulasi olahraga di Sumsel.
“Mereka mengatakan bahwa ini mutasi, tapi ini saya katakan eksodus atau pembegalan atlet karena mengambil atlet tanpa prosedur. Kami berharap KONI provinsi bisa mengambil langkah tegas dinamika ini,” ujar Ketua Umum KONI Kota Palembang Suparman Romans usai mempimpin rapat pemantapan kontingen kota Palembang di Aula Dispenda Palembang, Rabu (11/10).

Ketua Umum KONI Kota Palembang Ir Suparman Romans

Dalam rapat jelang multievent Porprov XI tersebut selain menghadirkan para Kepala Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut bertanggung jawab pada menjadi masing-masing cabang olahraga, juga para pelatih dan pengurus cabang olahraga.

 

“Kita contohkan renang, yang dibegal oleh daerah lain. Kita ingin KONI provinsi bisa mendiskualifikasi atlet tersebut karena atlet tersebut merupakan binaan dan dari kota Palembang,”tegasnya.
Kendati dengan eksodusnya para atlet, namun Kota Palembang tetap mempertahankan posisi juara umum dengan target realistis 119 medali emas dengan 13 cabang olahraga andalan.
Berangkat dari hal tersebut, pihaknya menginginkan antara manajer tim dari semua cabang olahraga bisa mendukung dan menyamakan persepsi dalam tujuan bersama di barisan kontingen kota Palembang untuk mengulang kembali prestasi juara umum.
“Artinya kita ingin ada hasil evaluasi dari Porprov ke-X di Lubuklinggau 2015 lalu yanh terdapat ketidak cocokan antara OPD dengan Cabor. Dimana di satu sisi ada OPD yang sangat bersemangat untuk membina salah satu cabor akan tetapi hasil nya tidak sesuai yang diharapkan, disisi lain ada cabor yang sukses dengan kerja keras berjaya mendapatkan juara umum akan tetapi dukungan dari pihak manejernya kurang,”tegasnya.
Terpisah, menanggapi pembegalan dikatakan Kabid Prestasi KONI Sumsel Syamsu Ramel bahwa jika memang terjadi eksodus atlet maka secara otomatis atlet tersebut didiskuakifikasi dan dilarang untuk turun di Porprov XI November mendatang.
“Kita akan diskualifikasi atlet tersebut kalau benar terjadi demikian. Kalau atlet tersebut tidak dipakai dari daerahnya, nah itu baru boleh dipakai daerah lain. Tapi kalau atlet tersebut masih dipakai tapi didaftarjan dari daerah lain, nah ini akan kita diskualifikasi,”tegasnya.
Menurutnya, dalam waktu dekat KONI Sumsel juga akan melakukan rapat kordinasi bersama KONI kabupaten/kota untuk persiapan jelang multievent yang tinggal satu bulan lagi ini. Termasuk juga pembahasan mengenai persoalan keabsahan atau akreditasi atlet dari semua atlet yang didaftarkan.
“Kita himbau bahwa kabupaten/kota jangan sampai melakukan eksodus atlet karena ini nanti muaranya adalah untuk prestasi atlet Sumsel,”pungkasnya. #sug
Target 13 Cabor Unggulan: 
1. Bridge target 6 emas dari 8 total emas
2. Renang target 24 emas dari total 40 emas
3. Kempo target 12 emas dari total 25 emas
4. Senam target 7 emas dari total 12 emas
5. Atletik target 7 emas
6. Wushu target 10 emas
7. Menembak target 7 
8. Takraw masih urusan internal cabor
10. Bulutangkis 4 emas dari total 7 emas
11. Balap sepeda 3 emas 
12. Basket 2 emas dari total 2 emas 
13. Futsal 2 emas dari total 2 emas
Ada 11 cabor Potensial
1. Pencaksilat 6 emas
2. Panjat tebing 9 emas
3. Karate 6 emas
4. Taekwondo 5 emas
5. Tinju 10 emas 
6. Tenis lapangan 3 emas
7. Catur 3 emas
8. Biliar belum
9. Tenis meja 2 emas 
10. Voli indor 2 emas
11. Sepakbola 1 emas
Cabor tambahan
*Dayung 2 emas 
*Motor masih proses
*Panahan 11 emas 
*Sepatu roda 5 emas
Baca:  Pertahankan Juara Umum, Palembang Mulai Bentuk Manajer Cabor
x

Jangan Lewatkan

PBVSI Sumsel Bibitkan 60 Pelatih Nasional

Palembang, BP– Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumsel terus melakukan akselerasi pembinaan atlet hingga level daerah untuk mengembangkan ...