Home / Headline / Gelar KopDarWil IV, PSI Sumsel Siap Loloskan Verifikasi KPU

Gelar KopDarWil IV, PSI Sumsel Siap Loloskan Verifikasi KPU

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana Kopi Darat Wilayah (KopDarWil) ke IV PSI Sumsel untuk lolos verifikasi KPU di Auditorium Honda Maju Motor Palembang, jelang verifikasi pada Pemilu 2019 oleh KPU, Minggu (8/10).

Palembang, BP–Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumsel Alvin Kennedy meyakini partainya akan lolos pada verifikasi pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Hal itu disampaikan Alvin di sela-sela Kopi Darat Wilayah (KopDarWil) ke IV PSI Sumsel di Auditorium Honda Maju Motor Palembang, jelang verifikasi pada Pemilu 2019 oleh KPU, Minggu (8/10).
“Kami kira tidak ada masalah sampai saat ini. Beberapa permasalahan seperti KTA, kepengurusan, dan sekretariat sudah lolos verifikasi internal,” kata Alvin.
Dalam aturan tentang Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD, partai baru wajib memiliki kepengurusan di 75 persen jumlah kabupaten/kota di provinsi dan memiliki kepengurusan di 50 persen jumlah kecamatan di kabupaten/kota.
Selain itu, partai politik baru juga harus memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai politik yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota (KTA).
Terkait hal itu, Alvin optimistis PSI Sumsel akan mampu memenuhi persyaratan tersebut. Sebab, keanggotaan secara resmi sudah melebihi 1/1.000 plus 30 persen yang bergabung sebagai kader PSI.
“KTA, kantor(sekretariat) dan kepengurusan sudah tidak ada masalah. Hanya ada tiga daerah yang tidak kami ikuti untuk verifikasi,” kata Alvin.
Ketiga daerah itu, yaitu Kabupaten Muara Enim, Lahat dan kota Pagar Alam. Namun, dari syarat partai baru wajib memiliki kepengurusan di 75 persen jumlah kabupaten/kota di provinsi sudah terpenuhi.
“Memang, karena sebagai partai baru ada kendala perekrutan anggota dan kepengurusan baru terbentuk, sehingga tidak kita ikut sertakan,” katanya.
Selain itu, PSI Sumsel saat ini juga, sedang melakukan proses penerimaan bakal calon anggota legislatif untuk tingkat DPW, yang dilaksanakan oleh tim independen.
“Antusias bacaleg dari eksternal sudah lebih 140 orang yang daftar dan internal 100, jadi sekitar 250an. Nantinya mereka akan diverifikasi, jika lolos maka akan diberikan pembekalan politik selama 2 hari. Sebab, kita cari orang baik (karakter), skill seperti kemampuan berorganisasi.
Sementara financial jadi pertimbangan tapi tidak mutlak,” pungkas Alvin yang menargetkan pada Pemilu 2019 mendatang minimal 1 fraksi di setiap tingkatan.
Sebelumnya DPW Partai Solidaritas Indonesia Sumsel, Minggu (8/10), menggelar Kopi Darat Wilayah (KopDaWil) ke-IV yang bcrlangsung di Auditorium Honda Maju Motor Palembang. sebagai Partai yang telah resmi herbadan Hukum oleh KEMENKUMHAM-RI. Partai Solidaritas Indonesia telah bersiap untuk mendaiiarkan diri Verifikasi KPU pada bulan Oktober ini.
KopDarWil ke-IV berlangsung sukses dan meriah dihadiri langsung oleh Konsultan Politik Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI Endang Tirtana, Ruhul Ammin juga pengurus DPW PSI Sumsel ALvin Kennedy, Debby Susanto, Fabianus Tandry, Ika Febriyanti, Salahuddin Al Khairi, beserta Pengurus DPD PSI se~Sumsel dan Tamu Undangan.
Diawali dengan Doa Bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia
Raya, juga Hymne dan Mars Partai Solidaritas Indonesia menjadikan nuansa acara KopDarWil beriangsung Khidmat dan Semarak.
KopDarWil kali ini yang sangat berbeda dengan yang sebelumnya menghadirkan Speaker (Narasumber) dari Konsultan Politik DPP PSI Endang Tinana sapaan akrabnya Bro Endang, memaparkan materi-materi diantaranya Penjelasan Verifikasi KPU, Pemantapan Update .’KPU, Administrasi dan Faktual, Pencalegan dan Sosialisasi di DPD, juga yang lebih menarik dan tutup dengan Tanya Jawab.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kader Golkar Dampingi Ilyas Panji di Pilkada OI Masih Tarik Menarik

Palembang, BP Ketua Departemen pemenangan pemilu DPP Partai Golkar wilayah Sumatera II (Sumbagsel) Yudha Nouvanza Utama mengakui masih terjadi tarik- ...