Home / Headline / Kecenderungan Pencucian Uang Hasil Korupsi

Kecenderungan Pencucian Uang Hasil Korupsi

 

BP/IST
Suasana Seminar Antikorupsi Jurnal Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi . Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama KPK dengan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Selasa (3/10).

Palembang, BP
Hingga saat ini, tindak pidana pencucian uang masih menjadi modus utama yang digunakan pelaku tindak pidana korupsi. Pelaku menyamarkan transaksi keuangan melalui rekening pihak lain agar praktik busuk ini tidak tercium aparat yang berwenang. Demikian dikemukakan Prof. Dr. H. Joni Emirzon, SH., M.Hum., FCBarb Guru Besar Hukum Bisnis dan Ekonomi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dalam Seminar Antikorupsi Jurnal Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi . Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama KPK dengan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri), Selasa (3/10) di Gedung FH Unsri, Bukit Besar Palembang.
Selain itu seminar antikorupsi ini menghadirkan dua orang pembicara lainnya. Pembicara dari KPK tersebut adalah Abdul Basir Jaksa pada KPK yang menyajikan makalah berjudul Korupsi dan Pencucian Uang sebagai Rangkaian Kejahatan Luar Biasa. Penyaji lainnya adalah Hendi Yogi Prabowo yang menjelaskan tentang perspektif perilaku pada pencucian uang.
Secara khusus seminar ini mengenalkan pula Jurnal Antikorupsi “Integritas”. Jurnal antikorupsi Integritas adalah jurnal ilmiah berkala yang memuat artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual di bidang ilmu pengetahuan antikorupsi. Jurnal ini digagas dan terbit pertama kali di tahun 2015. Jurnal antikorupsi tersebut lahir untuk merespons kebutuhan para pemangku kepentingan stakeholder antikorupsi terutama akademisi yang membutukan wadah untuk mengkomunikasikan hasil penelitian atau kajian ilmiahnya. KPK dalam hal ini memahami potensi besar para mahasiswa, akademisi dan peneliti yang mampu melahirkan pemikiran dan gagasan yang segar. Latar belakang keilmuan yang dimiliki masyarakat akademik, sudah selayaknya dapat menjadi bekal untuk menciptakan karya ilmiah yang mencerahkan.
Seminar diikuti 100 orang peserta dari program doktor ilmu hukum Unsri dan dosen fakultas hukum dari Sumatera Selatan.#osk

Baca:  Dua Tersangka Korupsi Samsat Banyuasin ke Kejati Sumsel

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Aksi Pungli Harimau Jalanan Diduga Dibekingi Polisi

Palembang, BP–Aksi pungli kelompok yang mengatasnamakan Harimau Jalanan disebut dibekingi oknum anggota polisi berpangkat Aipda berinisial E yang berdinas di ...