Home / Palembang / Sandarkan KRI Tanjung Nusanive di Bagus Kuning

Sandarkan KRI Tanjung Nusanive di Bagus Kuning

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, saat melakukan paparan mengenai Taman Makam Bagus Kuning di depan Dirut PT Pertamina (Persero) RU 3 Djoko Priyono, Walikota Palembang Harnojoyo dan jajarannya, Selasa (3/9).

Palembang, BP — Kapal Republik Indonesia (KRI) Nusanive yang segera didapatkan dari hibah TNI Angkatan Laut, direncanakan Pemerintah Kota Palembang untuk disandarkan di dermaga Taman Makam Bagus Kuning.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, kapal perang tersebut kondisinya masih laik. KRI Tanjung Nusanive akan dijadikan hotel terapung yang ditempatkan di dermaga yang berada di Kawasan Taman Bagus Kuning. Selain menjadi hotel, juga akan menjadi museum kapal dan refreshing area seperti di kapal kapal pesiar.

Baca:  Obyek Wisata di OKU Terus Dikembangkan

“Kapal ini akan disandarkan di pantainya bagus kuning atau dekat dengan dermaga Bagus Kuning. Jika hotel terapung ini terwujud, ini akan menjadi yang pertama di Indonesia,” katanya saat paparan di depan Jajaran PT Pertamina (Persero) RU 3, di Rumah Dinas Walikota Palembang, Selasa (3/9).

Hotel terapung tersebut bukan hanya akan menjadi satu-satunya icon yang menarik perhatian bagi para wisatawan, namun Kapal berada di Kawasan Bagus Kuning yang merupakan tempat Golf, Monkey Forest, tempat ziarah makam Ratu Bagus Kuning, bahkan dii seberangnya ada Pulau Kemarau.

Baca:  Pemandu Wisata Mulai Disertifikasi

“Kapal ini ditempatkan di kawasan yang sangat strategis. Nah, karena Bagus Kuning berada di wilayah PT Pertamina, sehingga kami meminta untuk mempercantik kawasan Bagus Kuning tersebut,” ujarnya.

Ia menerangkan, kondisi Taman Makam Bagus Kuning saat ini perlu banyak perbaikan. Diantaranya harus ada gerbang yang refesentatif sebagai menjadi petunjuk adanya kawasan wisata. Selain itu, dikarenakan Palembang merupakan kota sungai, akses yang diutamakan adalah akses dari sungai. Namun dermaga di Bagus Kuning saat ini tidak layak pakai.

Baca:  Sekolah Pariwisata Sumsel Dorong Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

“Kondisinya tidak terlalu rusak parah namun perlu diperbaiki, diharapkan dapat ditingkatkan jadi dermaga wisata. Kemudian perlu dipasang lampu dan bak taman agar asri. Tak hanya itu pos di depan ada dua kondisinya tidak layak, menurut kepolisian rawan dijadikan transaksi narkoba dan kejahatan asusila,” terangnya.

Menata Bagus Kuning akan menjadi destinasi yang memiliki potensi tinggi dan dapat meningkatkan selling point Kota Palembang. “Hotel kapal terapung kapasitas 600 kamar ini akan menjadi hotel yang mengakomodir turis back packer dengan harga kamar murah,” jelasnya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Realisasikan Visi Misi Menjadi Perda

Palembang, BP — Penyampaian visi misi calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang periode 2018-2023, Senin (19/2), diminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ...