Home / Sumsel / 1.120 Wisman Melancong ke Sumsel

1.120 Wisman Melancong ke Sumsel Paling Banyak dari Malaysia

Yos Rusdiansyah

Palembang, BP–Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan memastikan wisatawan mancanegara (Wisman) yang melancong ke Sumsel sebanyak 1.120 di Agustus 2017. Dari ribuan Wisman yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya tersebut didominasi dari Negara Malaysia.

Kepala BPS Provinsi Sumsel Yos Rusdiansyah mengatakan, jumlah Wisman yang berkunjung melalui pintu masuk Bandara Sultan Maud Badaruddin (SMB) II Palembang ini mengalami peningkatan dibandingkan kunjungan Wisman di Juli 2017. Jika dipresentasekan ini mengalami peningkatan sebesar 15,23 persen.

“Dari Juli ke Agustus 2017 ini jumlah Wisman meningkat 15,23 persen. Dengan jumlah Wisman tembus 1.120 dibandingkan Juli yang hanya mencapai 972 orang,” ujar Yos saat ditemui, di Pemprov Sumsel, Senin (2/10).

Baca:  6 Anggota DPRD Sumsel Maju Di Pilkada Serentak 2018

Dari data BPS Provinsi Sumsel, sambung dia, peningkatan jumlah kunjungan Wisman dari Juli ke Agustus 2017 ini didominasi berasal dari Negara Malaysia, kemudian disusul oleh Taiwan dan diikuti dari Singapura.

Dijelaskannya, di Juli jumlah Wisman dari Malaysia sebanyak 470 orang dan meningkat 114 orang di Agustus 2017, Singapura dari 120 pengunjung meningkat 26 orang dan Taiwan dari 9 orang mengalami peningkatan hingga 37 orang. Sedangkan Wisman dari Cina menurun dari 83 orang menjadi 70 orang.

Baca:  PBB Sumsel Jemput Bola Terkait Penjaringan Caleg

“Paling banyak yang berkunjung ke Sumsel ini berasal dari Malaysia yang mencapai 584 orang, lalu diikuti Taiwan sekitar 46 orang, Cina mencapai 70 orang dan Singapura sebanyak 145orang,” jelas Yos.

Ia juga menambahkan, dengan banyak Wisman yang melancong ke Sumsel ini juga tentu mempengaruhi tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang. Dimana pada Agustus 2017 mencapai rata-rata 62,79 persen atau naik 5,29 poin dibanding TPK hotel di Juli 2017 yang hanya 57,50 persen.

Baca:  Sumsel Miliki Forum Koordinasi KIM

Masih dikatakannya,bila diamati klasifikasi hotel, ternyata TPK hotel tertinggi dibanding kelas hotel berbintang lainnya. Sedangkan TPK hotel terendah adalah hotel bintang satu yang mencapai 44,60 persen.

“Menariknya dengan kunjungan Wisman tingkat hunian kamar juga meningkat naik. Artinya banyak Wisman yang menginap di hotel berbintang di Sumsel. Diharapkan pada bulan-bulan berikutnya jumlah kunjungan Wisman dapat meningkat lagi,” pungkasnya. #rio

Data BPS Sumsel Wisman Paling Banyak Berkunjung ke Sumsel di Agustus 2017 :
• Malaysia : 584 orang
• Singapura : 146 orang
• Cina : 70 orang
• Taiwan : 46 orang

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ribuan Masyarakat OKU Timur Hadiri Silaturahmi Doa Bersama Dodi-Giri

OKU Timur, BP–Ribuan warga masyarakat Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur tampak antusias menghadiri silaturahmi dan doa bersama Calon Gubernur ...