Home / Headline / Gubernur Alex Inginkan Masyarakat Sumsel Jadi Relawan Asian Games

Gubernur Alex Inginkan Masyarakat Sumsel Jadi Relawan Asian Games

Palembang, BP–Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) telah membuka pendaftaran 2.000 relawan untuk test event atau uji coba Asian Games 2018. Relawan Asian Games sendiri memang diperuntukan bagi seluruh masyarakat Indonesia mulai dari usia 18 tahun sampai dengan 40 tahun.

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menginginkan relawan Asian Games di Palembang yang juga akan menjadi tuan rumah adalah masyarakat asli Sumsel. Untuk uji coba sendiri rencananya akan dimulai pada 10-24 Februari 2018, sebagai persiapan menyambut ajang olahraga terbesar di benua Asia yang digelar pada 18 Agustus-2 September 2018.

Baca:  Percepatan Pembangunan Sumsel Terdepan di Indonesia

“Kita juga menjadi tuan rumah, saya ingin pemuda pemudi kita yang menjadi relawan khususnya di sini (Palembang-red),” ungkap Gubernur Alex, Minggu (1/10).

Terlebih, lanjut orang nomor satu di Sumsel ini, Sumsel memiliki Politeknik Pariwisata yang sudah pasti mempunyai kemampuan untuk menjadi guide atau pemandu para atlit ataupun tamu-tamu asing yang akan datang ke kota pempek ini.

“Ada 600 mahasiswa-mahasiswi di Poltekpar yang bisa kita pakai, sudah pasti kemampuan mereka dalam berbahasa asing bagus. Intinya saya menginginkan khusus yang di Palembang pemuda-pemudi Sumsel yang akan menjadi relawan Asian Games nanti,” ungkap mantan Bupati Muba dua periode ini.

Baca:  Alex Noerdin Pastikan Perbaikan Jembatan Endikat Awal Maret

Sementara itu, Asisten III Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib menambahkan, pendaftaran relawan Asian Games dibuka untuk seluruh warga Negara Indonesia (WNI) dan dapat diakses melalui volunteer.asiangames2018.id .

“Kita lebih prioritaskan anak lokal, tidak mungkin kita tuan rumah di sini tapi kita datangkan orang Jawa. Meskipun ada tesnya dari pusat tapi akan kita usahakan untuk Palembang itu anak lokal kita karena kita punya hak, meskipun ada tambahan dari orang Jawa ataupun yang lain,” jelas Najib.

Baca:  Alex Noerdin Minta Percepat Bangun Pipa Gas Bumi TAA-Muntok

Untuk jumlah pastinya, Najib belum mengetahui berapa persisnya relawan yang akan dibutuhkan di Palembang. Saat ini juga masih menghitung berapa atlit dan negara yang akan bertanding ditiap cabang olahraga (Cabor) yang akan di pertandingkan di Palembang.

“Kebutuhan relawan ini minimal efektifnya 1:3, karena ada relawan untuk VVIP, atlet, keamanan dan tourism dan sekarang belum tahu pasti di Palembang dibutuhkan berapa relawan,” tutupnya. #rio

 

x

Jangan Lewatkan

Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Peninggalan Belanda di Kota Palembang

Oleh : Farida Wargadalem (Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)   PENDAHULUAN Palembang adalah salah satu kota ...