Home / Headline / Keberadaan Truk Batubara di Muaraenim Sudah Meresahkan

Keberadaan Truk Batubara di Muaraenim Sudah Meresahkan

Truk batubara menumpuk di terminal regional Muaraenim.

Muaraenim, BPKeberadaan truk angkutan batubara, yang masih dibolehkan melintas di jalan negara di wilayah Muaraenim, sudah pada tahap meresahkan masyarakat. Soalnya truk-truk tersebut  kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas dan kecelakaan hingga korbannya meninggal dunia, luka berat, atau luka ringan.

                 “Menyikapi permasalahan armada angkutan batubara yang meresahkan masyarakat, kami minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat melakukan koordinasi dengan unsur terkait lainnya,” jelas jurubicara Komisi III DPRD Muaraenim, Hadiono, SH, pada rapat paripurna pengesahan RAPBD Perubahan tahun 2017 yang dipimpin Ketua DPRD Aries HB, SE, Selasa (26/9).

Para sopir truk diberikan nasihat oleh Kasatlantas dan petugas Dishub agar mematuhi aturan lalulintas sehingga tidak terjadi kemacetan yang sering sekali disebabkan truk batubara.

                 Menurutnya, instansi terkait  seperti kepolisian, TNI, perangkat kecamatan, dan perangkat desa agar mengatasi permasalahan yang selalu ditimbulkan truk angkutan batubara. Permasalahan yang  timbul, lanjutnya, setiap sore terjadi kemacetan arus lalu lintas di jalan lintas Kecamatan Ujanmas.

                 Selain itu termasuk alih fungsi terminal regional Muaraenim yang menjadi tempat penampungan armada angkutan batubara sebelum melakukan perjalanan sesuai waktu yang ditetapkan.

               “Kiranya perlu dikaji kembali, mengingat beban yang harus dipikul terminal  regional apakah sesuai dengan beban tonase dari armada yang parkir di terminal tersebut,” tegasnya.

               Kemudian, lanjutnya, kontribusi yang diperoleh dari armada angkutan batubara apakah sebanding dengan biaya operasional pemeliharaan terminal. Belum lagi, lanjutnya, masalah pengaturan perjalanan armada angkutan batubara  yang sering tidak  mematuhi ketentuan  dan kesepakatan yang telah dibuat.

             “Komisi III meminta kepada pihak eksekutif, untuk berkordinasi lagi dengan pihak Pemkab Lahat dan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mencari solusi permasalahan tersebut,” pintanya.#nur

 

 

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Sambangi Istana Bogor, Bahas Progres Asian Games

Bogor, BP— Untuk memastikan persiapan Asian Games 2018 berjalan baik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Rapat ...