Home / Olahraga / Incar Juara Umum, Tinju Bidik 9 Keping Emas

Incar Juara Umum, Tinju Bidik 9 Keping Emas Berharap Prestasi di Tengah Keterbatasan 

PORPROV: Para atlet tinju Palembang saat menjalani latihan rutin menjelang Porprov, di Sasana Tinju Pusri, Rabu (27/9). FOTO: BP/SUGIARTO

 

Cabang olahraga tinju akan kembali tampil dan menargetkan juara umum di Porprov musim ini. Meskipun, skuat petinju Palembang harus legowo dengan keterbatasan persiapan
Palembang, BP– Perhelatan multi event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI yang bakal dihelat di Bumi Sriwijaya dan Bumi 1001 Megalite, 18-26 November 2017 mendatang menjadi persaingan ketat yang cukup kompetitif di musim ini.
Perang prestasi olahraga di 17 kabupaten/kota menjadi kompetisi sengit karena tak sekedar prestasi tapi menyangkut nama baik dan prestise kabupaten/kota.
Tak heran, berbagai cabang olahraga berjuang keras menjalani latihan. Bahkan sampai tak mengenal waktu, berlatih pagi, sore dan malam demi mampu mempersembahkan yang terbaik bagi kabupaten/kotanya.
Demikian yang terlihat dari perjuangan keras para atlet tinju Kota Palembang yang tak lagi mengenal waktu dalam latihan. Pasalnya, cabang olahraga tinju akan kembali tampil dan menargetkan juara umum di Porprov musim ini. Meskipun, skuat petinju Palembang harus legowo dengan keterbatasan persiapan latihan yang ada di Sasana Tinju Pusri.
Dibawah asuhan Coach Polsen Gabriel, Coach Abu Bakar dan Coach Arpani, cabang olahraga tinju akan membidik juara umum sebagaimana mereka torehkan pada Porprov X 2015 lalu di Lubuklinggau. 
 
“Ada 14 atlet yang akan kita turunkan, 8 petinju putra dan, 6 petinju putri. Perjuangan kali ini berat karena Porprov kali ini kita targetkan dengan 9 medali emas,” ujar Coach Abu Bakar, Rabu (27/9).
 
Abu Bakar menilai target tersebut bukan hanya omong kosong, karena dilakukan berdasarkan pemetaan kekuatan dan mencermati perkembangan tinju di kabupaten/kota di Sumsel. Perjuangan juga dinilai berat karena Palembang mengincar hampir 75 persen emas bisa dikuasai. 
 
“Target memang harus ada, agar memacu semangat. Porprov 2015 kita juara umum dengan hanya 4 emas, tapi tidak untuk Porprov kali ini, karena saat ini peta kekuatan tinju di kabupaten/kota hampir merata,”terangnya. 
 
Hal senada dikatakan Coach Poulsen Gabriel bahwa sayangnya perjuangan keras latihannya tak ditunjang dengan kelengkapan latihan yang cukup. Pasalnya, ditengah target yang begitu luar biasa, perlengkapan sarung tinju dan samsak tak memadai. 
 
“Tim kita ada 14 yang turun di Porprov, belum atlet potensial lain saat latihan. Tapi sarung tinju kita cuman enam, itu juga sebagian sudah sobek dan rusak,”keluh Poulsen. 
 
Pelatih Bintang Satu ini menambahkan bahwa kondisi ini juga diperparah dengan mulai rusaknya kondisi samsak yang mulai dimakan usia dan menelan banyak regenerasi petinju. Sehingga memang harus ada pergantian samsak dan penambahan sarung tinju. 
 
Poulsen juga sempat mengeluhkan tidak adanya apresiasi pelatih jika atlet besutannya mampu meraih medali emas. “Kami berharap, ini kan perjuangan latihan keras pelatih dan atlet, sehingga jangan hanya atlet yang diberi bonus tapi juga pelatih,” harapnya. 
 
Sementara itu, salah satu petinju yang akan memperkuat Palembang pada Porprov musim ini, Ahmad Muharom mengatakan sejauh ini latihan dengan konsep Training Canter (TC) berjalan terus berjalan pagi dan malam atau sore dan malam. 
 
Hanya saja, peraih medali emas pada single event Kejuaraan Tinju Open di Lampung tahun lalu ini berharap TC terpusat dimaksimalkan durasinya selama satu bulan. 
 
“Saya dengan TC terpusat itu cuman seminggu, harapannya ya, TC satu bulan karena ini demi persiapan maksimal, apalagi targetnya besar,”tutur petinju spesialis 60 kg putra ini. 
 
Disinggung mengenai lawan, Ahmad mengaku memberi lampu kuning pada petinju asal Prabumulih. Pasalnya, ia sempat duet head to head dengan petinju Prabumulih tahun 2016 lalu pada Prabumulih Cup.  Meskipun pada saat itu meraih medali emas dan Ahmad dinobatkan sebagai petinju favorite namun, petinju Prabumulih tersebut menjadi ancaman tersendiri pada Porprov yang akan datang. “Makanya latihan terus dan dibagi ada yang pagi-malam dan ada siang dan malam,”pungkasnya. #sug
 
Skuat Tinju Palembang di Porprov:
1. Senja Oktaviani, kelas 45kg
2. Nurhidayatin Nazila, kelas 48kg
3. Syamsidar, kelas 51kg
4. Pitralaila, kelas 54kg 
5. Diangustirahayu, kelas 57 kg
6. Eva Safitri, kelas 60kg
7. M Azis, kelas 44kg 
8. Asep Ade Saputra, kelas 45kg
9. M Yusuf, kelas 49kg 
10. M Bardan, kelas 52kg 
11. M Kamal, kelas 52kg 
12. Reky Ody Selan, kelas 56kg
13. Ahmad Muharom, kelas 60kg
14. Yon Peky, kelas 64kg 
15. Ade, kelas 69kg 
Baca:  Luar Biasa!!! Palembang Borong Emas di Cabor Taekwondo
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Sumsel Cup 3 Digelar 28-29 April

Palembang, BP Setelah sukses menggelar kejuaraan futsal bertajuk Gubernur Sumsel Cup 1 dan 2, Harian Umum BeritaPagi Group kembali menggelar ...